Bonsai Raksasa

Posted on

Sobat-sobat penggemar tanaman hias, punya keinginan untuk memiliki bonsai beringin yang menawan namun bingung bagaimana cara membuatnya?

Gampang banget, loh! Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

bonsai beringin

Pertama-tama, siapkan pot sebagai tempat bonsai beringin. Pilih pot yang memiliki lubang drainase dan ukurannya sekitar 15-20 cm agar akar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

Setelah itu, ambil bibit tanaman beringin yang masih muda dan potong akarnya hingga hanya tinggal 3-5 cm saja. Cuci akarnya hingga bersih.

bibit tanaman beringin

Lalu, masukkan bibit tanaman beringin ke dalam pot dan beri tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang dan sekam bakar. Tekan-tekan tanah agar akar tertutupi dan tidak ada udara yang masuk. Siram tanaman dengan air hingga basah.

Selanjutnya, bungkus pot dengan plastik transparan atau media tanam yang bagus agar kelembapan tanah terjaga. Letakkan pot pada tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung selama 1-2 minggu.

pot bonsai beringin

Saat bunga berada dalam masa penyesuaian, berikan pupuk dengan dosis yang lebih rendah daripada biasanya agar tidak terlalu terbebani. Siram tanaman secara teratur untuk menjaga kelembapan tanah.

Setelah 2 minggu, buka plastik atau media tanam tersebut dan tempatkan pot pada tempat yang teduh namun tetap mendapatkan cahaya matahari. Siram tanaman secara teratur dan berikan pupuk lebih banyak untuk memastikan pertumbuhan yang baik.

perawatan bonsai beringin

Potong tunas tanaman yang tumbuh subur dan buatlah bentuk yang diinginkan. Ingat, jangan terlalu sering memangkas tanaman karena dapat merusak pertumbuhan tanaman. Lakukan pemangkasan secara hati-hati dan sekali dalam beberapa bulan.

Terakhir, selamat menikmati keindahan bonsai beringin yang sudah kamu buat sendiri. Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik agar tetap tumbuh subur dan cantik.

Baca juga  Bonsai Dari Kawat Tembaga

Kesimpulan

Bonsai beringin memang memerlukan proses yang cukup panjang namun hasilnya sangat menakjubkan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu sudah bisa memiliki bonsai beringin yang menawan.

Remember, perawatan yang baik pada tanaman dan kepedulian terhadap lingkungan tidak hanya mempercantik kebun atau interior rumah, tetapi juga memberikan efek yang baik bagi kita dan alam sekitar. Yuk, jadilah penggemar tanaman hias yang bertanggung jawab!

Simak artikel lainnya seputar Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *