Bonsai Di Atas Kayu Mati

Posted on

Apa kabar, kawan-kawan bonsai lovers? Kali ini aku ingin berbagi sedikit tips dari pengalamanku membuat kayu mati pada bonsai. Tapi sebelum mulai, siapkan dulu jantungmu agar stabil karena mungkin nanti kamu akan sedikit shock melihat bonsaimu berubah drastis.

Kayu Mati? Apaan tuh?

bonsai with jin, shari, and uro

Jadi kayu mati itu bagian dari bonsai yang dibiarkan mati dan dikeringkan. Tapi bukan berarti kamu diam saja dan biarkan saja bonsaimu mati begitu saja ya, kawan. Kamu tetap harus merawatnya agar kayu mati tersebut menjadi indah dan menarik.

Mulai Menggores

bonsai being carved

Untuk membuat kayu mati, kamu perlu menggores bagian batang bonsai yang ingin kamu buat kayu mati menggunakan knife atau alat khusus bonsai. Namun, sebelum menggores pastikan bahwa batangnya sudah kuat dan siap diubah menjadi kayu mati, ya. Jangan-jangan batang bonsaimu belum siap jadi kayu mati, nanti malah sakit-sakitan.

Jin Dulu, Baru Shari

bonsai jin creation

Ada dua macam kayu mati yang bisa kamu buat pada bonsai, yaitu jin dan shari. Jin merupakan bagian dari daerah kepala pohon yang dibuat membusuk oleh alami atau dipangkas oleh pembuat bonsai. Daerah ini biasanya dimulai dari pertemuan antara batang dan cabang yang dibuat menjadi menonjol dan halus menggunakan alat bonsai. Setelah itu kamu bisa membuat uro, yaitu cabang yang diikat dengan tali dan dipelintir dengan sempurna.

bonsai shari creation

Shari adalah kayu mati pada bagian batang atau akar yang biasanya dihasilkan karena cedera atau penyakit. Namun, hal ini bisa juga dibuat dengan sengaja oleh pembuat bonsai. Bagian dari batang atau akar yang sudah mati tersebut lalu dikerok dan dibuat kayu mati sehingga membentuk pola menarik dan terkesan alami.

Baca juga  Literati Bonsai

Cara Merawat Kayu Mati

bonsai care

Pertama, perhatikan kondisi kayu mati secara berkala. Pastikan tidak ada sarang binatang atau jamur yang menempel pada kayu mati tersebut. Setelah itu, ciptakan kesan alami dengan memberikan warna dasar pada kayu mati menggunakan pasta, lalu beri warna dasar pada bagian keringnya dengan warna abu-abu dan kuning.

Kayu mati pun butuh asupan nutrisi. Jangan lupa untuk memberikan makanan tambahan pada bonsaimu agar kayu mati tersebut tetap tampak sehat dan menarik. Selain itu, kamu juga bisa memberikan pelindung untuk kayu mati agar lebih tahan lama.

Kesimpulan

bonsai finished product

Nah, itulah sedikit tips dari pengalamanku dalam membuat kayu mati pada bonsai. Ingat, tidak semua jenis bonsai cocok dengan kayu mati. Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, terutama kesehatan dan kekuatan batang atau daun bonsai tersebut.

Jadi, sebelum mulai membuat kayu mati pada bonsau, pastikan kamu sudah tahu jenis bonsai yang tepat dan siap menghadapi perubahannya ya. Happy bonsai-ing!

Temukan tulisan lainnya seputar Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *