Bonsai Asem Jawa Gaya Air Terjun

Posted on

Ada yang bilang bahwa tanaman itu indah, bukan cuma indah secara figure, tapi juga indah secara makna. Gak heran juga kalau banyak yang terobsesi memelihara tanaman sampai-sampai memberinya nama-nama yang lucu, bahkan ada juga yang mengoleksinya seperti koleksi boneka.

Bonsai Asem Jawa Model Air Terjun Simpel

Bonsai Asem Jawa Model Air Terjun Simpel

Salah satu jenis tanaman yang cukup diminati adalah bonsai. Bonsai adalah seni memperkecil ukuran pohon secara artistik dan ditanam dalam pot kecil. Ada banyak jenis bonsai yang bisa kamu pelihara, salah satunya adalah bonsai asem jawa.

Bonsai asem jawa ini memiliki bentuk yang unik, yaitu seperti air terjun. Gak cuma unik bentuknya, tapi juga memberikan kesan natural dan segar di rumah. Maka dari itu, bonsai asem jawa ini cocok banget untuk kamu yang suka tampilan natural di rumah.

Cara Merawat Bonsai Asem Jawa

Merawat bonsai asem jawa ini gak susah-susah amat kok. Yang kamu butuhkan adalah pot yang sedang, tanah untuk bonsai, sedikit pupuk kandang atau pupuk daun, serta alat semprot air. Berikut ini cara merawat bonsai asem jawa:

  • Pilih pot yang cocok, yaitu yang sedang dan mulai berlubang kecil di bawah. Hal ini penting agar air yang berlebih dari penyiraman bisa keluar.
  • Isi pot dengan tanah khusus bonsai. Kamu bisa beli di toko perlengkapan bonsai atau campurkan antara tanah humus, pasir, dan pupuk.
  • Tanam biji bonsai asem jawa di pot. Pastikan letaknya di tengah pot dan cukup dalam.
  • Berikan sedikit pupuk dalam setiap bulannya untuk menjaga kesehatan tanaman.
  • Siram bonsai asem jawa setiap pagi dan sore hari. Jangan terlalu banyak air, karena bisa memicu pertumbuhan jamur dan kelembaban di pot.
  • Pindahkan bonsai asem jawa ke tempat yang cukup cahaya matahari. Meski memerlukan paparan sinar matahari, tapi jangan terlalu lama dan terlalu panas ya.
Baca juga  Kemuning Bonsai

Kesan Natural dan Segar di Rumah

Bonsai Asem Jawa Model Air Terjun Simpel

Banyak yang memilih bonsai asem jawa untuk mempercantik rumah. Selain memberikan kesan natural dan segar, bonsai asem jawa juga punya beberapa manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat dari bonsai asem jawa adalah:

  • Menjadikan udara di rumah lebih bersih dan sejuk.
  • Meningkatkan mood dan konsentrasi dengan melihat bentuknya yang indah.
  • Menjadikan ruangan lebih hijau dan menyegarkan mata.

Itulah mengapa bonsai asem jawa menjadi salah satu jenis tanaman yang banyak diminati. Meski kecil, tapi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan keindahan rumah. Jadi, jika kamu ingin mencoba merawat bonsai asem jawa, yuk segera mulai dan rasakan manfaatnya!

Temukan artikel lainnya tentang Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *