biji kopi espresso

Biji Kopi Espresso

Posted on

Biji kopi Espresso merupakan penentu berbagai rasa kopi Espresso tersebut.  Bagi Anda yang tertarik mengetahui varian dan jenis dari biji kopi serta hasil kopi yang dibuat, maka Anda perlu menggali lebih dalam informasi ini.

Biji Kopi Espresso

Jenis Kopi Espresso Populer di Indonesia

Sebelum beranjak lebih jauh mengetahui berbagai varian jenis kopi espresso, Anda juga perlu mengetahui perbedaan Biji Kopi Robusta dan kopi Arabika. Karena, keduanya merupakan penentu rasa espresso tadi. Kedua biji kopi ini memiliki rasa manis, tapi biji kopi Arabika memiliki rasa lebih manis dibandingkan dengan Robusta. Ada 4 jenis kopi espresso yang memang sangat dikenal di Indonesia, yaitu:

  1. Espresso

    Kopi espresso murni yang langsung dari biji kopi espressonya, disajikan dalam sebuah cangkir kecil dengan rasanya yang sangat kuat.

  2. Americano

    Jenis kedua adalah Americano, yaitu kopi yang rasanya cukup menyegarkan dan menjadi sangat populer dikalangan pecinta kopi.

  3. Cappuccino

    Berikutnya adalah kopi Cappucino, yaitu sebuah kopi dengan sedikit rasa milky dan ada busa di atasnya. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri, dan cita rasanya cukup lembut dibandingkan yang lain.

  4. Café Latte

    Jenis terakhir adalah latte atau café latte, yang merupakan jenis campuran kopi espresso dengan susu panas serta busa micro. Justru, jenis ini lebih terasa smooth dan milky jika dibandingkan dengan cappucino. Sudah bisa dipastikan karena porsi susu yang digunakan memang lebih banyak.

Cara Memilih Coffee Bean Untuk Kopi Espresso

Tiap Espresso menjadi berbeda rasanya karena biji kopi espresso, alasannya adalah disebabkan oleh perbedaan biji kopi yang digunakan tersebut. Untuk meracik biji kopi menjadi segelas espresso, bisa ikuti tips ini:

Karakter Kopi Espresso

Untuk karakter kopi espresso, jika Anda menyukai tipe kopi berkarakter kuat dan rasa yang manis ada baiknya memilih biji kopi dari Sulawesi atau Sumatera. Karena, kopi tersebut cenderung manis dan full body.

  • Rasa Kopi Espresso yang Tajam

    Selanjutnya adalah untuk jenis kopi espresso yang memiliki rasa tajam dan aromatik, maka Anda bisa bermain dan bereksperimen dengan jenis biji kopi dari Central Amerika. Caranya dengan mencampurkan biji kopi berkisar 25 % saja, maka Anda akan mendapatkan kopi manis dengan rasa yang tajam dan aroma yang kuat.

  • Espresso dengan Citarasa Earthy dan Spicy

    Terakhir adalah jenis espresso bercita rasa earthy dan spicy, hal seperti ini bisa didapat dari biji kopi Ethiopia. Dimana rasa dan aromanya sedikit winey dan fruity.

Itulah beberapa tips mudah seputar biji kopi espresso, bertujuan untuk menjadikan Anda yang seorang pecinta kopi bisa mengetahui lebih dalam lagi untuk bisa membuat kopi espresso. Pelajari dengan baik, dan ikuti petunjuknya.

Baca juga  6 Manfaat Yama udo untuk kesehatan yang mengagumkan