Penasaran Biji Kopi Espresso Terbaik? Ini Jawabannya

Posted on

Pernahkah Anda bertanya-tanya biji kopi espresso terbaik berasal dari kopi jenis apa? Memang semakin berkembangnya teknologi pangan semakin berkembang pula kreasi jenis makanan dan minuman di sekitar kita. Termasuk untuk minuman kopi. Nah, berbicara mengenai kopi espresso terbaik, berikut pembahasannya.

Biji Kopi Espresso Terbaik

Espresso sendiri adalah kopi yang dihasilkan dari sekian proses penyeduhan kopi melalui tekanan suhu yang cukup tinggi. Pembuatannya sendiri dilakukan dengan menggiling kopi hingga halus kemudian dipadatkan atau sering disebut sebagai proses tamping. Nantinya, kopi diseduh dalam tekanan yang tinggi dengan suhu yang tinggi pula.

Proses yang cukup panjang tersebut akan membuat ekstrak kopi yang kental dengan rasanya yang tebal. Nah, teksturnya yang kental inilah yang membuat kopi espresso menjadi base atau dasar dalam pembuatan berbagai macam jenis minuman kopi seperti americano, caffe latte, hingga cappuccino.

Pertanyaannya, biji kopi espresso terbaik terbuat dari kopi apa? Bagi Anda yang masih penasaran, berikut akan disebutkan jenis biji kopi espresso yang seringkali digunakan sehingga sering juga dikatakan sebagai kopi espresso terbaik.

Biji kopi robusta

Jenis biji kopi yang pertama adalah biji kopi robusta. Siapa yang tidak kenal jenis biji kopi satu ini. Kopi robusta juga sering hadir dan sudah tidak asing lagi di dunia perkopian. Khususnya untuk para pecinta kopi. Hampir semua tahu, pernah mencicipi kopi jenis robusta.

Sementara, untuk karakteristiknya sendiri dikenal sebagai biji kopi yang memiliki rasa pahit sangat kuat dan pekat. Selain itu, biji kopi satu ini juga memiliki rasa yang sangat khas sehingga banyak pecinta kopi yang hanya dengan menghirup atau mencicipinya saja sudah tahu bahwa kopi tersebut adalah jenis kopi robusta.

Biji kopi arabika

Jenis biji kopi espresso terbaik yang kedua adalah biji kopi arabika. Tidak kalah populernya dengan kopi robusta, seringkali biji kopi arabika juga diracik dengan resep yang luar biasa sehingga bisa membentuk kopi espresso dengan citra rasa khas dan enak.

Berbeda dengan karakteristik dari kopi robusta. Biji kopi arabika justru akan memberikan citra rasa yang lebih cenderung ke asam-asaman dengan karakteristik yang kuat dan beragam. Baik untuk sisi floral maupun untuk hal fruity. Tidak heran jika espresso yang diracik menggunakan biji kopi arabika akan menciptakan dominasi rasa yang khas.

Bagi Anda pecinta kopi arabika tentu juga sudah tidak asing lagi dengan citra rasa yang dihasilkan. Apalagi ketika diracik menjadi espresso yang ditaburi berbagai macam topping. Belum lagi ketika disajikan dengan berbagai macam sajian kopi lainnya. Tentu kekuatan rasa dari kopi arabika semakin membuat sajian minuman yang dihasilkan akan membuat para pecinta kopi semakin menyukainya.

Itulah jenis-jenis biji kopi espresso terbaik yang mungkin salah satunya adalah jenis biji kopi favorit Anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. dan bisa menjadi referensi anda dalam memilih biji kopi terbaik. Baca juga artikel menarik lainya di Caraprofesor.com. Terimakasih…