Bercak Ungu Pada Bawang Merah

Posted on

Bawang merah memang menjadi salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai jenis masakan. Sayangnya, bawang merah juga rentan terkena penyakit bercak ungu Alternaria porri yang bisa membuat sulit mengonsumsinya. Penyakit ini biasanya terjadi karena faktor cuaca yang buruk seperti kelembaban tinggi dan suhu yang tinggi. Selain itu, serangan hama juga menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit ini.

Gejala Penyakit

bawang merah sakit

Salah satu gejala dari penyakit bercak ungu Alternaria porri pada bawang merah adalah munculnya bercak ungu pada daun. Bercak ini umumnya berbentuk bulat atau oval dan bisa muncul pada semua bagian daun. Selain itu, daun yang terkena penyakit ini juga akan menggulung dan mengering. Jika infeksi sudah menyebar, maka batang dan umbi bawang merah juga akan terinfeksi sehingga memiliki bercak ungu dan membusuk. Akibatnya, kualitas dan jumlah produksi bawang merah bisa turun drastis.

Mengatasi Penyakit

sebelum dan setelah

Untuk mengatasi penyakit bercak ungu Alternaria porri pada bawang merah, anda bisa melakukan berbagai cara. Pertama, pastikan kelembaban di sekitar tanaman bawang merah terjaga dengan baik. Jangan biarkan daun terlalu basah karena hal itu bisa memicu perkembangan penyakit. Selain itu, pastikan tanaman terkena sinar matahari yang cukup selama satu hari penuh. Jangan lupa untuk memupuk tanaman dengan pupuk organik atau pupuk kimia yang sesuai dengan jenis tanaman.

Jika penyakit sudah menyebar, cobalah untuk menggunakan fungisida atau pestisida yang tepat untuk mematikan jamur penyebab bercak ungu Alternaria porri. Tapi pastikan bahan yang digunakan aman untuk tanaman sehat kamu atau dapat berdampak buruk terhadap kesehatan manusia.

Baca juga  Garnish Wortel Sederhana

Pencegahan

bercak ungu

Agar bawang merah tidak terkena penyakit bercak ungu Alternaria porri, ada beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan. Pertama, pastikan Anda memilih jenis bawang merah yang tahan penyakit. Selain itu, jangan memasang tanaman bawang merah terlalu dekat dengan tanaman lain, terutama yang mudah terserang penyakit. Jaga kebersihan lingkungan dan potong daun atau batang yang terinfeksi serta jangan terlalu membasahi tanaman, gunakan metode penyiraman yang cukup untuk menjaga kelembaban.

Penyakit bercak ungu Alternaria porri memang menjadi salah satu hama dan penyakit yang sangat merugikan bagi bawang merah dan pada umumnya bagi petani bawang merah. Namun dengan pengendalian yang tepat, penyakit ini bisa diatasi dan bisa membantu meningkatkan produktivitas tanaman bawang merah. Jangan lupa perlu juga adanya tindakan preventif dan harus melibatkan praktisi di bidang pertanian guna menghasilkan bawang merah yang sehat dan aman dikonsumsi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Temukan postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *