Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Sulawesi merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan berbagai daerah, setiap daerah memiliki makanan khas yang istimewa. Jika Anda mengunjungi Sulawesi Selatan maka Anda akan menemukan berbagai macam makanan dengan rasa yang khas. Anda akan sangat senang untuk melakukan liburan dan mengunjungi lokasi wisata dengan pemandangan yang indah atau menikmati masakan khas dari daerah yang akan membuktikan makanan khas Sulawesi Selatan.

Makanan khas dari Sulawesi Selatan yang sangat istimewa ,ada banyak wisatawan manca negara yang berburu makanan khas yang kaya akanrempah-rempahnya. Anda dapat mencicipi beberapa yang paling khas dan sangat terkenal di sana, lalu apa saja makanan khas Sulawesi Selatan yang membuat anda ketagihan. Simak informasi berikut ini:

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan

1. Coto Makassar

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Makanan khas Sulawesi Selatan yang cocok untuk dicicipi saat berada provinsi ini adalah Coto Makassar. Bahkan, makanan ini dapat ditemukan di hampir semua kota di Indonesia. Namun, tampaknya kurang afdol jika tidak mencoba makanan langsung dari daerah asalnya.

Coto Makassar adalah makanan yang berbahan dsar jeroan dan daging sapi. Bahan-bahan ini direbus dalam air yang digunakan untuk mencuci beras dengan kacang tanah yang sudah dihaluskan

Setelah itu, ada tambahan rempah-rempah  yang membuat rasa cita Coto Makassar semakin lezat. Makanan berkuah ini memang paling nikmat dimakan bersama ketupat atau buras.

2. Jalangkote

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Dari segi tampilan, jalangkote ini mirip seperti kue pastel. Bahkan, isi dari jalangkote juga sama, yaitu, wortel, kentang, so’un, telur rebus, dan daging. Semua bahan bahan pada isi jalangkote ini dimasak dan dibumbui agar rasa gurih dan lezat. Jika Anda merasakan, rasa pastel dan jalangkote sebenarnya sangat mirip.

Ada perbedaan antara pastel dan jalangkote. Kue yang cocok untuk cemilan ini memiliki kulit dengan tekstur yang lebih tebal daripadaa paste. Disaamping itu juga, jika ketika kita makan kue pastel menggunakan cabe rawit, jalangkote ini lebih enak dinikmati dengan saus cuka dan cabai.

3. Sop Konro

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Satu lagi hidangan dari Makassar yang anda harus mencobanya ketika berhenti di provinsi Sulawesi Selatan. Sop Konro yang merupakan sup dengan rasa yang sangat kuat. Sup ini terbuat dari tulang rusuk daging sapi atau daging sapi yang direbus hingga teksturnya sangat lembut. Penggunaan rempah-rempah, seperti ketumbar,membuat rasa Sop Konro terasa lebih sedap.

Makanan dengan warna kecoklatan juga hadir dalam versi yang berbeda, yaitu konro bakar. Nantinya daging iga yang telah dibakar akan disajikan dengan saus Sop Konro. Tentu saja, rasa Sop Konro ini akan membuat Anda ketagihan dan ingin terus makan hidangan ini.

4. Nasu Palekko

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Mungkin Anda belum pernah mendengar nama makanan khas dari Sulawesi Selatan ini. Nasu Palekko disajikan dengan daging bebek atau daging sapi yang dibumbui dengan sedemikian rupa seperti Rendang. Nasu Palekko lebih populer jika itu terbuat dari daging bebek.

Pilihan bebek tidak bisa sembarangan, karena harus menggunakan daging bebek muda agar tetap terasa lembut saat dimakan. Nasi Palekko beras itu sendiri dapat dengan mudah ditemukan di Pinrap, Pangkajene, Rubio, dan Wajo.

5. Pisang Epe

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Waktunya untuk mencari cemilan ketika berada di Sulawesi Selatan. Jika Anda merasa bahwa perut Anda sudah penuh dan masih mampu untuk mencari cemilan, bisa membeli makanan kudapan dari Sulawesi Selatan ini.

Pisang Epe adalah camilan yang bahan dasar pisang. Kepok setengah matang pisang akan dibakar sesekali dibalik. Kemudian pisang akan ditekan dan dibakar lagi di atas bara api sampai warna mulai coklat. Setelah matang, pisang yang baru dibakar bisa diletakkan di piring.

Terakhir,pisang Epe yang baru dibakar ditaburi cairan cokelat gula. Lengkapi dengan minuman panas seperti teh atau kopi agar lebih terasa nikmat.

6. Kapurung

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Masih ingat papeda makanan khas Papua dan Maluku? Ternyata di Sulawesi Selatan juga terdapat makanan yang mirip dengan papeda, namanya adalah Kapurung. Makanan yang terbuat dari tepung jagung dimasak dengan sayuran dan ikan atau daging.

Meskipun Kapurung tergolong makanan Tradisional, tapi makanan yang sangat populer di Sulawesi Selatan ini,bisa didapatkan direstoran ataupun pedagang kaki lima. Kapurung dapat ditemukan di beberapa daerah Sulawesi Selatan, seperti Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur.

7. Buras

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Ini adalah makanan khas dari Sulawesi Selatan, yang bisa digunakan untuk menjadi pendamping makan Coto Makassar, dan Sop Konro Sop Saudara. Buras agak mirip dengan lontong atau ketupat. Makanan ini terbuat dari beras yang dibungkus daun pisang. Perbedaan dengan lontong hanya pada bentuknya saja.

Selain bisa dinikmati dengan beberapa makanan utama dari Makassar, Buras juga dapat dinikmati dengan sedikit taburan bumbu yang terbuat dari kelapa, lada, gula dan garam.

8. Mie Titi

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Ternyata makanan khas dari Sulawesi Selatan juga ada yang mirip dengan makanan Chinese food. Mie Titi yang mirip dengan makanan Tamie, makanan Cina. Mie Titi memiliki rasa yang berbeda dari mie lainnya sebagai bahan utamanya adalah mie kering.

Mie tersebut akan disiram dengan kuah kental seperti Cap Tjay dan berisi ayam, jamur, udang, cumi-cumi, kubis, wortel dan telur. Tambahkan saus dan perasan jeruk nipis agar rasa Mie Titi lebih enak.

9. Sokko (Songkolo)

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Sokko atau Songkolo terbuat dari beras ketan putih, tetapi juga dapat digunakan beras ketan hitam. Setelah dimasak sampai matang, beras ketan diberi taburan parutan kelapa yang sudah dimasak sehingga rasa lebih gurih.

Untuk memkan Songkolo, biasanya bisa menggunakan ikan asin atau telur asin. Pada awalnya, makanan ini mungkin tampak agak aneh di lidah, karena kita belum terbiasa untuk makan ketan dengan telur atau ikan asin. Namun, setelah lama rasanya akan membuktikan selera yang enak dilidah kita.

10. Doko-Doko Cangkuling

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Bahkan dengan makanan yang ringan dan manis dari Sulawesi Selatan ini, kali ini Doko-Doko Cangkuling menjadi salah satu rekomendasi dari pecinta manis harus mencoba pembuka ini.

Kue ini terbuat dari kombinasi tepung beras, kentang, gula, tepung dan santan. Yang membuat Anda ketagihan adalah ketika menggigit Doko-Doko Cangkuling maka anda akan merasakan gula merah yang manis dan lumer manis yang akan terasa dilidah.

11. Es Palu Butung

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Es Palu Butung Makassar yang merupakan es campur dengan makanan penutup yang sangat populer dari Makassar, Sulawesi Selatan dari bahan utama pembuatan es ini adalah pisang hijau dipotong yang ditempatkan di atas campuran bubur berwarna putih santan dengan serpihan es dan susu kental.

12. Putu Cangkiri’

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Apa pikiran ketika Anda mendengar makanan khas Makassar dalam hal ini? Manis atau asin? Ya, camilan yang terbuat dari beras ketan memiliki rasa manis.

Ada dua varian dari kue Putu Cangkiri yaitu putih dan merah. Jika Anda memilih Putu Cangkiri putih, yang berarti bahwa kue memiliki rasa manis yang berasal dari gula putih biasa. Nah, untuk Putu merah Cangkiri manisnya berasal dari gula merah.

13. Cucuru

Berbagai Makanan Khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba

Mengingat makanan ringan dan makanan khas dari Sulawesi Selatan yang lezat dan manis, maka tidak boleh melewatkan yang namanya Cucuru. Beberapa orang menyebutnya makanan ringan ini dengan nama Tekne Cucuru. Cucuru itu sendiri adalah makanan yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. bentuk bulat lucu dan rasa manis.

 

Nah, inilah khas makanan dari berbagai Provinsi di Sulawesi Selatan. Ada berbagai hidangan yang bisa Anda coba untuk Coto Makassar dan Sop Konro. Selain masakan khas Sulawesi Selatan, Anda bisa mencoba makanan khas dari Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara yang tidak kalah enaknya.

Jika Anda ingin menambahkan, silakan menulis rekomendasi makanan dari Sulawesi Selatan di kolom komentar.