Bentuk Buncis

Posted on

Pssst… gais, lo pernah denger nggak sih kalo menanam buncis itu bisa bikin kamu jadi tani sukses? Iya, lo nggak salah denger kok! Nah, kabar gembira nih buat kalian yang pengen jadi tani sukses, kali ini aku bakal share tentang cara menanam buncis skala budidaya yang bisa bikin kamu untung melimpah. Yuk simak!

Pertama-tama, ada baiknya kita kenalan dulu dengan si buncis ini. Buncis atau kacang panjang (Phaseolus vulgaris L.) merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, buncis juga bisa dijadikan bahan dasar dalam berbagai masakan yang enak-enak lho. Udah pada ngiri belum?

Untuk memulai budidaya buncis, yang pertama-tama harus kita persiapkan adalah tanah. Tanah yang ideal untuk menanam buncis adalah tanah yang gembur, memiliki pH antara 6-7, dan cukup kaya akan nutrisi. Jangan lupa juga untuk membersihkan area tanam dari gulma dan bebatuan yang bisa mengganggu pertumbuhan buncis nanti.

Setelah itu, kita bisa mulai menanam biji buncis di dalam lubang tanam dengan kedalaman sekitar 3-5 cm. Jarak antara lubang tanam bisa kita atur sekitar 10-15 cm, agar nantinya buncis bisa memiliki ruang yang cukup untuk tumbuh dengan leluasa. Oh iya, jangan lupa untuk menyiram tanaman secara teratur ya agar bibit buncis cepat tumbuh.

Setelah bibit buncis tumbuh dengan baik, kita bisa memberikan pupuk organik sebagai sumber nutrisi tambahan sehingga pertumbuhan buncis semakin optimal. Pupuk organik yang bisa kita gunakan antara lain seperti kompos, pupuk kandang, atau pupuk daun.

Nah, di tahap selanjutnya kita akan menghadapi masalah serangan hama dan penyakit. Hama yang sering menyerang buncis antara lain seperti ulat grayak, kutu-daun, dan thrips. Sedangkan penyakit yang sering menginfeksi buncis adalah antraknosa dan karat. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan pestisida nabati yang terbuat dari bahan alami seperti serai, kayu manis, dan bawang putih.

Baca juga  Bawang Merah Untuk Uban

Setelah beberapa bulan menanam, kita akan bisa memanen buncis yang siap dikonsumsi. Ingat ya, jangan terlalu lama menunda saat memanen buncis, karena bisa membuat kualitas rasa dan nutrisinya menurun.

Tapi, jika kamu ingin mengambil keuntungan yang lebih besar dari budidaya buncis, kamu bisa membuka usaha skala besar dengan menjual buncis ke pasar atau supermarket terdekat. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan buncis sebagai bahan baku dalam bisnis makanan dan minuman yang kamu jalankan.

Gimana, seru kan menanam buncis? Selain bisa mengisi waktu luang, kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat dan penghasilan tambahan dari buncis. Yuk, coba sekarang juga!

Baca tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *