Benih Kangkung Yang Bagus

Posted on

Sudah tahu belum kalau kangkung bisa ditanam dengan hidroponik? Bukan hanya lebih mudah dan praktis, hasilnya juga bisa berlipat-lipat. Nah, Ini nih cara menanam kangkung hidroponik agar sukses bisa kamu coba di rumah.

1. Persiapkan Benih Kangkung

Benih Kangkung

Kamu bisa mencari benih kangkung di toko pertanian terdekat atau di marketplace. Pastikan benih yang kamu beli dalam kondisi baik dan segar.

2. Siapkan Wadah Hidroponik

Wadah Hidroponik

Hidroponik sendiri adalah sebuah cara bercocok tanam dengan cara menyimpan tanaman pada air dan media tanam. Kamu bisa menggunakan wadah berbentuk tempat tidur atau bisa mempergunakan bak air.

3. Tentukan Media Tanam

Media Tanam

Media tanam yang sering digunakan pada hidroponik adalah cocopeat atau sekam bakar. Kamu bisa menggunakan salah satunya atau bila belum tersedia, bisa beli online atau diarketplace kesayanagn.

4. Siapkan Nutrisi Tanaman

Nutrisi Tanaman

Sebagai pengganti tanah, tanaman membutuhkan nutrisi yang memadai seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Kamu bisa membelinya di tukang pertanian terdekat atau juga ditemukan pada online.

5. Rendam Benih Selama 24 Jam

Benih Kangkung

Sebelum ditanam, benih kangkung perlu direndam selama 24 jam. Hal ini bertujuan agar benih cepat berkecambah atas adanya nutrisi dalam air.

6. Siapkan Lampu UV atau Lampu LED

Lampu UV atau Lampu LED

Untuk menambahkan intensitas cahaya pada tanaman, kamu bisa menambahkan lampu UV atau lampu LED pada media tanam. Kamu bisa mempergunakan jenis watt kecil yang mudah bisa didapat dalam toko elektronik.

Baca juga  Masak Daging Kentang Kecap

7. Tanam dan Beri Nutrisi Secara Rutin

Tanam Kangkung Hidroponik

Setelah persiapan sudah selesai, sekarang saatnya menanam kangkung pada media tanam dan memberitahukan nutrisi secara rutin. Pastikan pH air dalam wadah sama dengan pH air normal yaitu 6,5-7,5.

Itulah cara menanam kangkung hidroponik yang mudah dan tidak terlalu memakan waktu. Kamu juga bisa melakukannya di rumah atau di lahan yang tersedia. Selamat mencoba!

Baca artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *