Bekatul Pakan Ayam

Posted on

Sudahkah kamu memberikan pakan yang baik untuk ayam peliharamu? Tahukah kamu bahwa salah satu campuran pakan yang bagus untuk ayam adalah dedak? Yuk, simak informasi lebih lanjut mengenai pakan ayam joper dedak ini!

Pengenalan Dedak

pakan ayam joper dedak

Dedak atau dalam bahasa Inggris disebut bran adalah salah satu hasil sampingan dari penggilingan beras. Dedak terdiri dari lapisan luar beras yang kaya akan serat serta vitamin B kompleks yang berguna untuk kesehatan. Dedak menjadi salah satu bahan pakan yang diminati oleh peternak ayam karena harganya yang terjangkau dan kandungan nutrisi yang tinggi.

Keunggulan Pakan Ayam Joper Dedak

pakan ayam joper dedak

Ada beberapa alasan mengapa pakan ayam joper dedak menjadi pilihan yang baik untuk diberikan kepada ayam peliharaanmu. Pertama, kandungan serat di dalam dedak sangat baik untuk pencernaan ayam. Serat memperbaiki kualitas feses ayam dan menghindari terjadinya prolaps cloaca. Kedua, dedak kaya vitamin B kompleks yang membantu menjaga kesehatan ayam, terutama kesehatan saraf dan sistem pencernaan. Dan yang terakhir, harga dedak yang terjangkau membuat pakan ayam joper dedak menjadi pilihan yang ekonomis untuk diberikan kepada ayam peliharaanmu.

Bagaimana Cara Memberikan Pakan Ayam Joper Dedak

pakan ayam joper dedak

Namun, perlu diingat bahwa dedak tidak boleh diberikan sebagai bahan pakan utama. Dedak hanya sebagai salah satu campuran yang dapat diberikan kepada ayam sebagai variasi pakan. Pemberian dedak yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada ayam. Saran untuk pemberian dedak adalah 5-10% dari total pakan ayam yang diberikan. Pemberian dedak bisa dicampurkan dengan jagung, beras, atau tepung kelapa yang merupakan bahan pakan ayam lainnya.

Baca juga  Agar Menetas Telur Ayam Harus

Cara Membuat Pakan Ayam Joper Dedak

pakan ayam joper dedak

Membuat pakan ayam joper dedak sangatlah mudah dan kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat pakan ayam joper dedak:

  • Siapkan dedak sebanyak 1 kg
  • Campurkan dedak dengan 500 gram beras yang sudah diaduk hingga rata
  • Tambahkan jagung sebanyak 400 gram
  • Tambahkan tepung kelapa sebanyak 50 gram
  • Tambahkan 1 sendok teh garam
  • Aduk semua bahan sampai merata
  • Pakan ayam joper dedak siap untuk diberikan kepada ayam

Kesimpulan

pakan ayam joper dedak

Dedak merupakan campuran pakan ayam yang memiliki banyak keunggulan. Saat memberikan pakan ayam joper dedak, perlu diingat bahwa dedak tidak boleh diberikan secara berlebihan dan hanya sebagai campuran. Pembuatan pakan ayam joper dedak juga sangat mudah dan bisa kamu buat sendiri di rumah. Yuk, berikan pakan ayam yang enak dan sehat dengan bahan baku dedak!

Baca postingan lainnya seputar Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *