Bawang Putih Hijau

Posted on

Bawang putih hijau menjadi salah satu sajian spesial saat perayaan Imlek di China. Bawang putih yang sering dijadikan bumbu dapur ini, digunakan sebagai bahan utama dalam beberapa masakan yang biasa disajikan saat perayaan Imlek.

Bahan Bawang Putih Hijau

Bawang Putih Warna Hijau

Bawang putih hijau yang digunakan untuk bahan masakan ini sebenarnya bukan bawang putih biasa. Bawang putih hijau adalah jenis bawang yang masih muda dan masih dalam kulit. Ciri khas dari bawang putih hijau adalah warnanya yang hijau.

Macam-macam Masakan dengan Bahan Bawang Putih Hijau

1. Bawang Putih Hijau Goreng

Bawang Putih Hijau Goreng

Untuk membuat bawang putih hijau goreng, bawang putih hijau yang masih muda dipotong-potong kecil, kemudian digoreng dengan minyak panas hingga kering dan renyah. Bawang putih ini biasanya dijadikan topping untuk berbagai jenis masakan, seperti mie goreng atau nasi goreng.

2. Sup Bawang Putih Hijau

Sup Bawang Putih Hijau

Sup bawang putih hijau adalah salah satu masakan yang wajib ada saat perayaan Imlek. Bawang putih hijau dipotong-potong kecil dan dicampur dengan beberapa bahan lain, seperti telur dan bakso. Kemudian dimasukkan ke dalam kaldu dan dimasak hingga matang.

3. Udang Bumbu Bawang Putih Hijau

Udang Bumbu Bawang Putih Hijau

Udang bumbu bawang putih hijau adalah masakan yang cukup populer di China. Udang-udang segar dicampur dengan bawang putih hijau yang sudah dicincang halus dan bumbu-bumbu lainnya, seperti kecap asin dan garam. Kemudian dimasak dengan api sedang hingga matang.

Baca juga  Brokoli Menguning

4. Tumis Buncis Bawang Putih Hijau

Tumis Buncis Bawang Putih Hijau

Tumis buncis bawang putih hijau adalah masakan yang praktis dan mudah dibuat. Buncis yang sudah dipotong-potong dipanggang dengan bawang putih hijau yang sudah dicincang halus dan beberapa bumbu lainnya. Kemudian tumis dengan sedikit margarin hingga matang.

Manfaat Bawang Putih Hijau

Bawang putih hijau mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat bawang putih hijau di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menurunkan kadar gula darah
  • Mengatasi masalah pernapasan seperti flu dan batuk
  • Mencegah kanker

Bawang putih hijau sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, karena bisa menyebabkan gangguan gas dalam perut jika dikonsumsi terlalu banyak. Namun, jika dikonsumsi dengan cara yang tepat, bawang putih hijau dapat memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh.

Jadi, jika ingin mencoba beberapa masakan dengan bahan bawang putih hijau, sebaiknya mencari bahan yang masih dalam kulit dan belum terlalu tua. Hal ini akan menghasilkan masakan yang lebih enak dan gurih. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan jumlah konsumsi bawang putih hijau agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *