Bawang Putih Bisa Menurunkan Darah Tinggi

Posted on

Banyak jenis makanan yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita, salah satunya adalah bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan gizi dan khasiat yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Manfaat Bawang Putih

Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa aktif yang disebut dengan allicin. Senyawa inilah yang berperan penting dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan tekanan darah tinggi. Selain itu, bawang putih juga mengandung vitamin C, vitamin B6, zat besi, magnesium, kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat bawang putih tidak hanya terbatas pada kesehatan jantung, tetapi juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah radikal bebas, dan membantu mengobati berbagai jenis penyakit. Di bawah ini beberapa manfaat dari konsumsi bawang putih.

1. Menurunkan Kolesterol

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yakni senyawa yang membantu menurunkan kolesterol jahat LDL dalam darah. Dalam sebuah penelitian di Korea Selatan, orang yang rutin mengonsumsi bawang putih memperlihatkan penurunan total kolesterol dan LDL.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang berbahaya karena dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Bawang putih diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dewasa yang menderita hipertensi.

Baca juga  Kembang Kangkung

3. Membantu Mencegah Kanker

Bawang putih mengandung senyawa organosulfur yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan mencegah munculnya kanker. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih secara rutin memiliki efek pencegahan kanker pada sejumlah organ dalam tubuh, terutama pada kanker usus besar.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh dan membantu melawan virus dan bakteri. Selain itu, bawang putih juga mengandung vitamin C yang membantu dalam membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh serta meningkatkan kesehatan kulit dan gigi.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bawang putih telah dikenal selama bertahun-tahun sebagai bahan alami yang membantu mencegah penyakit jantung. Senyawa organosulfur dalam bawang putih membantu melindungi jantung dengan cara meningkatkan aliran darah dan menurunkan risiko pembentukan plak di arteri.

6. Mengobati Batuk dan Pilek

Bawang putih mengandung senyawa anti-inflamasi yang membantu mengurangi gejala batuk dan pilek. Dalam sebuah penelitian, bawang putih diketahui efektif dalam mengurangi gejala batuk dan pilek pada sejumlah penderita penyakit.

Cara Mengonsumsi Bawang Putih

Ada berbagai cara untuk mengonsumsi bawang putih. Beberapa di antaranya termasuk dimakan mentah, dihaluskan, atau dicampur dengan bahan makanan lainnya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengonsumsi bawang putih:

1. Dimakan Mentah

Jika Anda suka makanan dengan rasa yang kuat, Anda bisa mencoba makan bawang putih mentah. Potong beberapa siung bawang putih mentah dan tambahkan ke dalam salad atau saus. Namun, ingatlah bahwa mengonsumsi bawang putih mentah dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan sakit perut dan iritasi pencernaan.

2. Dihaluskan

Bawang putih sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan herbal. Anda dapat menghancurkan bawang putih dan mencampurkannya dengan air atau minyak zaitun, lalu dioleskan pada kulit untuk mengatasi jerawat atau masalah kulit lainnya.

Baca juga  Manfaat Daun Kacang Panjang

3. Dicampur dengan Makanan

Bawang putih dapat dicampurkan dalam berbagai jenis makanan seperti sayuran, sup, pasta, atau saus. Konsumsi satu hingga dua siung bawang putih pada setiap kali makan untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal.

Efek Samping Bawang Putih

Secara umum, bawang putih aman untuk dikonsumsi jika dalam jumlah yang wajar. Namun, ada beberapa efek samping yang dapat muncul jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa efek samping yang muncul akibat mengonsumsi bawang putih dalam jumlah yang banyak adalah:

1. Nyeri Perut dan Gangguan Pencernaan

Salah satu efek samping yang sering muncul akibat penggunaan bawang putih berlebihan adalah nyeri perut, gas, dan gangguan pencernaan.

2. Gangguan Pada Kulit

Beberapa orang mungkin mengalami iritasi kulit atau gatal setelah mengoleskan atau mengonsumsi bawang putih. Jika Anda mengalami gangguan kulit setelah mengonsumsi bawang putih, segeralah hentikan penggunaannya dan berkonsultasi dengan dokter.

3. Perubahan Nafas dan Bau Badan

Bau bawang putih pada nafas dan bau badan mungkin akan menjadi masalah jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan bau badan atau nafas yang tidak sedap, konsumsi bawang putih dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan.

Itulah beberapa manfaat, cara mengonsumsi, dan efek samping dari bawang putih. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi bawang putih secara rutin terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, karena bawang putih dapat mempengaruhi efektivitas obat-obatan tersebut. Jangan lupa untuk menikmati dengan bijak dan sehat selalu!

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *