Bawang Merah Untuk Uban

Posted on

Umbi lapis, juga dikenal sebagai bawang dayak, adalah sebuah tanaman yang tumbuh di daerah Kalimantan. Tanaman ini memiliki beberapa fakta menarik yang perlu kita ketahui.

Tempat Cadangan Makanan

Fakta Umbi Lapis

Umbi lapis dikenal sebagai tanaman cadangan makanan oleh masyarakat di Kalimantan. Tanaman ini sudah ditanam sejak zaman dahulu sebagai stok pangan di masa krisis. Umbi yang berlapis ini disimpan dengan cara dikubur di bawah tanah. Umbi lapis ini dapat bertahan bertahun-tahun sebagai stok makanan yang dapat dimakan di saat-saat sulit.

Cara Berkembang Biak

Fakta Umbi Lapis

Umbi lapis berkembang biak melalui biji dan rumpun. Proses perkembangan benih memakan waktu sekitar 1-2 minggu. Umbi ini ditanam setelah memiliki rimpang dan batang yang sudah cukup kuat. Tanaman ini dapat tumbuh hingga sekitar 1 meter dengan rimpang yang berlapis-lapis.

Manfaat Kesehatan

Fakta Umbi Lapis

Umbi lapis mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin C, iron, dan copper. Selain itu, umbi ini juga mengandung senyawa yang dapat membantu melawan infeksi dan radikal bebas pada tubuh.

Potensi Ekonomi

Fakta Umbi Lapis

Umbi lapis memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Tanaman ini kaya akan kandungan nutrisi dan sangat mudah tumbuh. Selain itu, umbi ini juga dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang kurang subur. Kurangnya persaingan dalam pasar umbi lapis membuat harga jualnya bisa menjadi sangat tinggi. Umbi lapis juga memiliki permintaan yang tinggi dari pasar luar negeri.

Umbi Lapis sebagai Obat Tradisional

Fakta Umbi Lapis

Umbi lapis juga dipercaya memiliki khasiat sebagai obat tradisional. Tanaman ini sering digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan inflamasi pada tubuh. Selain itu, tanaman ini juga DIYakini mampu memperbaiki sistem imun tubuh manusia.

Baca juga  Menanam Kangkung Di Air

Umbi lapis, atau bawang dayak, adalah tanaman yang sangat berharga bagi masyarakat Kalimantan. Tanaman ini tidak hanya sebagai stok pangan di masa krisis, tapi juga sebagai sumber penghasilan bagi masyarakat lokal. Dengan kandungan nutrisi dan khasiatnya sebagai obat tradisional, umbi lapis memiliki banyak potensi yang masih dapat dikembangkan untuk masyarakat dunia.

Temukan artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *