Bawang Merah Birma

Posted on

Siapa yang suka makan bawang merah? Wah,kayaknya semua oarang suka deh! Bawang merah (Allium cepa L. var. aggregatum) merupakan bahan masakan yang sering banget dipakai di berbagai masakan Indonesia. Rasanya yang pedas dan harum bikin kita jadi ketagihan. Yuk kita cari tahu lebih lanjut tentang bawang merah!

Bawang Merah Si Bungkus Kecil Nan Pedas

Bawang merah

Bawang merah sebenernya merupakan jenis bawang yang berkerabat dengan bawang putih. Namun bawang merah lebih kecil dan bentuknya bulat. Bagian dalamnya terbagi ke dalam beberapa “bongkah” yang bertanggung jawab atas rasa harum dan pedas dari bawang merah.

Mengapa Bawang Merah Harum dan Pedas?

Gambar penyebab bawang merah harum dan pedas

Rasa harum dan pedas dari bawang merah ternyata disebabkan oleh banyak senyawa organosulfur. Selain itu, bawang merah juga mengandung flavonoid dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh kita. Kita bisa manfaatkan bawang merah untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler. Asik, kan?

Cara Membedakan Bawang Merah dengan Bawang Putih

Gambar membedakan bawang merah dengan bawang putih

Banyak yang mengira kalau bawang merah itu sama dengan bawang putih. Padahal, bawang merah dan bawang putih sangatlah berbeda. Kalau bawang putih bulat dan besar, bawang merah bulat dan kecil. Selain itu, kalau bawang putih tangkainya datar, bawang merah tangkainya bulat. Yuk deh datang ke pasar dan belajar membedakan bawang putih dan bawang merah!

Resep Masakan dengan Bawang Merah

Gambar resep masakan dengan bawang merah

Nah, ngomongin bawang merah nggak lengkap kalau nggak bahas resep masakannya. Kita recommend beberapa resep enak dengan bawang merah. Pertama, ayam goreng lengkuas dan bawang merah. Kedua, tumis buncis bawang merah. Ketiga, udang bumbu bawang dan kemiri. Semua resep pasti enak, karena di dalamnya ada bawang merah.

Baca juga  Resep Ayam Goreng Bawang Putih Sederhana

Terima kasih sudah membaca artikel tentang bawang merah. Jangan lupa deh selalu simpan bawang merah di dapur, biar masakan kita selalu enak dan aromanyaharum.

Baca tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *