Bawang Merah Bawang Putih Storytelling

Posted on

Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing dengan sebuah cerita yang berjudul Bawang Putih Bawang Merah. Cerita ini biasanya diajarkan bagi anak-anak usia belia dan sering dipakai sebagai bahan literasi. Cerita Bawang Putih Bawang Merah ini sering kali diadaptasi menjadi berbagai media seperti, film, drama, bahkan animasi.

Galeri Gambar Bawang Putih Bawang Merah

Gambar Bawang Putih Bawang Merah

Mungkin Anda sudah banyak membaca atau melihat cerita Bawang Putih Bawang Merah. Cerita ini termasuk cerita rakyat yang banyak dikenal, baik di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Cerita ini berasal dari Nusantara, tepatnya dari Sumatera Barat. Cerita ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Bawang Putih yang memiliki ibu tiri bernama Ibu Merah. Bawang Putih harus menerima perlakuan kasar dari ibu tiri serta kakak tiri bernama Bawang Merah. Namun demikian, ia tetap sabar dan ikhlas menghadapi perlakuan kasar tersebut.

Pada suatu hari, Bawang Putih pergi ke hutan untuk memungut kayu bakar. Di sana ia bertemu dengan seorang raja yang sedang berburu. Raja tersebut tertarik dengan kecantikan Bawang Putih dan ingin menjadikannya sebagai istrinya. Karena Bawang Putih tidak ingin melanggar peraturan ibunya yang hanya mengizinkannya menikah dengan pria yang memberinya seutas tali bertanda bahwa pria tersebut berasal dari keluarga sederhana, maka Bawang Putih memberikan tali tersebut kepada Raja.

Setelah menikah dengan Raja, Bawang Putih menerima perlakuan baik dari kedua anak dan kakak tirinya. Namun, ketika Ibu Merah datang meminta pertolongan ke istana, Raja merasa terpaksa untuk menolongnya. Karena Bawang Putih tidak ingin bertemu dengan ibunya, ia meminta bantuan kepada Ibu Lumpat untuk menyamar menjadi dirinya. Ibu Lumpat memiliki kekuatan gaib dan berhasil menolong Bawang Putih agar tidak diketahui oleh Raja. Sejak saat itu, Bawang Putih hidup bahagia dan sejahtera dengan Raja dan kedua anaknya.

Baca juga  Percobaan Osmosis Pada Kentang

Adaptasi Cerita Bawang Putih Bawang Merah

Adaptasi Bawang Putih Bawang Merah

Cerita Bawang Putih Bawang Merah juga banyak diadaptasi ke dalam berbagai film dan drama. Pada tahun 2017 lalu, film Bawang Putih Bawang Merah berhasil tayang di bioskop Indonesia. Film ini disutradarai oleh Arie Azis dan diproduksi oleh Legacy Pictures. Beberapa artis dan selebriti tanah air seperti Anisa Rahma, Kevin Julio, dan Rangga Alam turut berperan dalam film ini. Meskipun telah mendapatkan kritikan dari berbagai kalangan, namun film ini tetap berhasil menjadi salah satu film Indonesia yang cukup populer.

Selain itu, cerita Bawang Putih Bawang Merah juga diadaptasi menjadi sebuah drama musikal. Drama musikal ini dibuat oleh Teater Koma pada tahun 2010 dan berhasil menjadi salah satu drama musikal yang populer di Indonesia. Drama musikal ini juga telah mendapatkan berbagai penghargaan, seperti penghargaan Best Actor for a Musical di Festival Teater Jakarta 2010.

Adaptasi cerita Bawang Putih Bawang Merah juga terdapat dalam bentuk animasi. Beberapa animasi yang mengadaptasi cerita ini antara lain, Anak-Anak Sidek dan Upin dan Ipin. Dalam Anak-Anak Sidek, terdapat episode yang mengadaptasi cerita Bawang Putih Bawang Merah dan berhasil menjadi episode yang populer di kalangan anak-anak. Sementara itu, dalam Upin dan Ipin terdapat dua episode yang mengadaptasi cerita Bawang Putih Bawang Merah.

Enchanted

Enchanted

Selain cerita Bawang Putih Bawang Merah, terdapat pula sebuah film yang mengangkat tema yang sama, yaitu Enchanted. Enchanted adalah film produksi Disney yang dirilis pada tahun 2007. Film ini mengisahkan tentang seorang putri bernama Giselle yang hidup bahagia di sebuah kerajaan ajaib, Andalasia. Namun suatu hari, ia dipermalukan oleh ibu tiri bernama Narissa dan terjun ke dalam air terjun yang membawanya ke dunia nyata, di mana ia bertemu dengan seorang pengacara bernama Robert dan putrinya Morgan. Giselle mencoba untuk bertahan hidup di dunia nyata dan berusaha untuk kembali ke Andalasia untuk bertemu dengan pangeran yang ia cintai.

Baca juga  Klasifikasi Bayam Merah

Film ini mendapatkan banyak pujian dari berbagai kalangan, baik kritikus film maupun penonton. Film ini berhasil memadukan antara adegan live-action dan animated dengan sangat baik. Selain itu, film ini juga berhasil memberikan pesan moral kepada penontonnya dengan cara yang menyenangkan.

Demikianlah, beberapa adaptasi dari cerita Bawang Putih Bawang Merah yang terdapat dalam berbagai media. Cerita ini memang sangat populer di Indonesia dan berhasil memberikan inspirasi bagi banyak orang. Cerita ini mengajarkan kita untuk selalu sabar dan ikhlas dalam menghadapi ujian hidup, serta memberikan pesan bahwa kebaikan pasti akan mendapat balasan yang setimpal.

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *