Batang Kacang Panjang Bercabang Atau Tidak

Posted on

Tumbuhan memainkan peran penting dalam lingkungan dan kelangsungan hidup manusia. Terdapat berbagai macam tumbuhan yang berbeda. Salah satunya adalah tumbuhan dikotil. Tumbuhan dikotil memiliki ciri-ciri yang dapat membedakannya dari tumbuhan monokotil. Berikut adalah 8 ciri-ciri tumbuhan dikotil beserta penjelasannya.

Akar Tumbuhan Dikotil

Gambar akar tumbuhan dikotil

Akar tumbuhan dikotil terdiri dari satu akar primer dan cabang-cabang akar sekunder yang berasal dari akar primer. Akar primer memancarkan akar tambahan yang bertujuan untuk memberikan lebih banyak nutrisi ke tumbuhan. Cabang-cabang akar sekunder juga berfungsi dalam menunjang stabilitas tumbuhan.

Batang Tumbuhan Dikotil

Gambar batang tumbuhan dikotil

Batang tumbuhan dikotil terdiri dari jaringan xilem dan floem yang terdapat di bagian dalam batang dan kulit kayu yang terdapat di luar batang. Batang juga memiliki cabang yang bercabang bersama jaringan xilem dan floemnya, sehingga batang tampak besar dan bercabang-cabang.

Daun Tumbuhan Dikotil

Gambar daun tumbuhan dikotil

Daun tumbuhan dikotil memiliki bentuk simetris dan memiliki lebih dari satu tulang daun yang berasal dari basis daun. Tulang daun dapat memperlebar asupan nutrisi ke seluruh daun, sehingga daun dapat tumbuh dengan optimal.

Bunga Tumbuhan Dikotil

Gambar bunga tumbuhan dikotil

Bunga tumbuhan dikotil terdiri dari bagian bunga jantan dan bunga betina. Bagian bunga jantan terdiri dari putik dan benang sari, sedangkan bagian bunga betina terdiri dari putik dan bakal biji. Setelah hedonasi terjadi pembuahan dan proses pembentukan biji dimulai.

Biji Tumbuhan Dikotil

Gambar biji tumbuhan dikotil

Biji tumbuhan dikotil memiliki dua daun kecil di bagian dalamnya yang berfungsi sebagai simpanan makanan yang cukup untuk menopang pertumbuhan bibit dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, biji tumbuhan dikotil juga memiliki kulit keras yang melindungi dari faktor luar seperti oksigen dan kekeringan.

Baca juga  Manfaat Sawi Putih Untuk Kenari

Growth Tumbuhan Dikotil

Gambar growth tumbuhan dikotil

Pertumbuhan tumbuhan dikotil dibagi menjadi tiga fase yaitu fase dorman, fase embrio, dan fase vegetatif. Fase dorman adalah fase ketika biji masih ruas dan belum menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan. Fase embrio adalah fase ketika biji mulai berkecambah dan muncul pertumbuhan. Fase vegetatif adalah fase ketika pertumbuhan batang dan daun tumbuhan mulai bertambah dan berfungsi.

Germination Tumbuhan Dikotil

Gambar germination tumbuhan dikotil

Germinasi tumbuhan dikotil terjadi setelah bibit tumbuhan mendapatkan air dan asupan nutrisi yang cukup. Selanjutnya, perkecambahan akan terjadi ketika hormon tumbuhan yang dikenal sebagai saat ini berperan sebagai pengatur pertumbuhan dalam tumbuhan. Selama proses germinasi, kekerdilan dikendalikan karena biji harus mengeluarkan berbagai enzim yang dibutuhkan untuk mengeksktrasi nutrisi dari dalam biji.

Adaptasi Tumbuhan Dikotil

Gambar adaptasi tumbuhan dikotil

Tumbuhan dikotil telah berevolusi seiring waktu menjadi mempunyai adaptasi tertentu agar tumbuh optimal. Seperti pada bagian akar, tumbuhan dikotil tumbuh dengan akar primer yang mempunyai cabang-cabang akar sekunder yang berasal dari akar primer. Hal ini memungkinkan tumbuhan dapat menyerap nutrisi serta menjaga stabilitas dalam pertumbuhannya. Selain itu, pada bagian daun, tumbuhan dikotil mempunyai tulang daun yang memperlebar asupan nutrisi ke seluruh daun untuk tumbuh optimal.

Demikian 8 ciri-ciri tumbuhan dikotil beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat!

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *