Cara Membuat Bantal Dari Kain Flanel, Belajar Bareng Yuk..

Bantal Dari Kain Flanel

Bantal Dari Kain Flanel

Anda suka dengan model flanel? Namun bingung mengkreasiannya supaya menjadi barang yang bermanfaat ?

Kain flanel sebetulnya menarik dan memilki begitu banyak ragam warna yang cerah, tidak ada salahnya jika anda berkreasi dengan menggunakan kain flanel untuk membuat bantal.

Selain bermanfaat untuk diri anda, hal berikut juga mampu menjadi kesempatan bisnis bagi anda dikarenakan bantal yang terbuat berasal dari kain flanel selagi ini terlampau digemari, terlebih dikalangan ibu–ibu. Untuk membuat bantal berasal dari kain flanel sangat mudah.Siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat dan bahan membuat bantal menggunakan kain flanel :

1. Kain flanel

Anda bisa menggunakan kain flanel lebih dari satu warna untuk mempercantik bantal anda. Semakin banyak warna yang digunakan akan makin menarik.

2. Gunting

Gunakan gunting yang tajam supaya tidak menyebabkan kerusakan serat kain flanel.

3. Jarum pentul

Jarum pentul bermanfaat untuk mengaitkan kedua sisi bantal sebelum akan dijahit.

4. Dacron

Dacron adalah dalaman atau mengisi bantal supaya bantal menjadi empuk. Bahan ini terasa digemari selagi ini dikarenakan bantal yang berisi dacron mampu dicuci.

5. Mesin jahit/Jarum dan benang jahit

Mesin jahit bermanfaat untuk menjahit kain flanel, tapi kalau anda memilih untuk menjahit bantal dengan menggunakan tangan siapkan jarum dan benang jahit (sebaiknya satu warna dengan warna kain flanel). Untuk hasil lebih rapi, lebih baik anda menggunakan mesin jahit.
Setelah semua bahan dan alat sudah siap, sekarang anda mampu memahami langkah-langkah berikut untuk membuat bantal dari kain flanel.

BACA JUGA : Tas Dari Bungkus Kopi, Paling Unik Dan Mudah Dibuat !

Cara membuat bantal menggunakan kain flanel :

1. Ukur kain flanel cocok dengan keinginan anda dan sisakan tidak cukup lebih 2 cm untuk mepermudah anda dikala menjahit.

2. Gunting kain flanel bersifat 2 persegi mirip panjang dengan ukuran yang sudah anda tentukan, kalau anda bisa membuat dengan ukuran 25 cm X 25 cm, maka gunting kain flanel dengan ukuran 27cm X 27 cm.

3. Setelah digunting, satukan kedua belah kain flanel berikut mengunakan jarum pentul.

4. Jahit kedua belah belah kain flanel berikut supaya menjadi satu bagian, sisakan tidak cukup lebih 3-4 cm kain flanel yang tidak dijahit. Bagian yang tidak dijahit berikut akan digunakan sebagai lubang untuk memasukka dakron ke didalam bantal.

5. Setelah kedua kain dijahit, baliklah permukaan kain flanel lewat lubang yang tadi sudah disiapkan.

6. Kemudian setrika empat ujung kain flanel berikut supaya rapi, sehabis disetrika potong empat ujung tersebut.

7. Setelah itu ujungnya di potong dengan cara ulangi balik, kain flanel layaknya permukaan yang pertama tadi.

8. Isi bantal menggunakan dakron yang tadi sudah disipkan dan mengisi bantal hingga penuh semua bagiannya.

9. Setelah dirasa lumayan penuh mengisi bantal tersebut, jahit lubang tadi menggunakan tangan, usahakan benang jahit tidak nampak supaya nampak rapi.

10. Bantal berasal dari kain flanel pun sudah selesai dibuat.

Bantal yang terbuat berasal dari flanel pun lumayan gampang cara merawatnya. Apabila bantal yang terbuat dari kain flanel anda kotor anda bisa mencucinya dengan cara merendamnya menggunakan deterjen dan membersihkan kotorannya menggunakan sikat lembut atau spons. Jangan dulu membasuh bantal berasal dari kain flanel anda menggunakan mesin cuci, dikarenakan hal berikut akan menyebabkan kerusakan tekstur berasal dari kain flanel. Dan jangan menjemurnya dibawah sinar matahari kalau terkena air, lumayan dikeringkan saja menggunakan tisu atau diangin-anginkan menggunakan kipas angin.

Adapun Kerajinan Yang Bisa Kita Buat Menggunakan Kain Flanel, Yuk Intip..

1.Kerajinan berasal dari Kain Flanel – Tempat Pensil berasal dari Kain Flanel

Bantal Dari Kain Flanel

Ide sebuah kreasi berasal dari kain flanel yang pertama adalah sebuah area pensil yang terbuat berasal dari kain flanel. Tempat pensil ini sangatlah menarik dan mudah sekali dibuat.

Bahan yang digunakanpun terlalu simple sekali, hanya dengan menggunakan kain flanel, gunting, resleting, hiasan bunga berasal dari kain flanel, gunting, jarum, dan termasuk benang.

Cara membuatnya sangatlah mudah, Kamu hanya tinggal membuat desain yang anda menghendaki berasal dari warna dan hiasan. Jika sudah potong cocok ukuran desain kamu.

Nah langkah sesudah itu anda bisa menjahit bagian samping dan bawahnya dengan jarum dan benang, oh iya jangan lupa memilih benang dengan warna kontras ya biar malah keren.

Jika sudah gunakan gunakan resleting di bagian atas sehingga mudah di buka dan di tutup, dan langkah terakhir atau finishing hanya tinggal beri tambahan hiasan wujud bunga berasal dari kain flanel tadi di bagian tengah-tengah area pensil. Dan jadilah sebuah kotak pensil yang terlampau mudah di buat.

2. Tempat Tisu dari Flanel

Bantal Dari Kain Flanel

Siapa sih yang tak paham dengan kotak tisu, tentu semua orang sudah mengetahuinya. Nah jika anda tau kain flanel ini termasuk bisa dibuat menjadi sebuah kotak tisu yang keren dan unik loh! Ingin tau langkah membuatnya? Nih berikut ini bahan-bahan dan tutorial langkah membuat area tisu berasal dari flanel.

Bahan yang digunakan :

  1. Kardus / wadah plastik berupa kotak / kotak tisu polos
  2. Lem tembak
  3. Gunting
  4. Kain flanel
  5. Hiasan / pernak pernik
Cara Membuat Kotak Tisu dari Kain Flanel

Berikut ini beberapa langkah membuat kotak tisu berasal dari kain flanel dengan mudah dan simpel:

  1. Siapkan kardus yang sudah dibentuk seperti kotak tisu / kotak tisu polos
  2. Kemudian siapkan lebih dari satu lembar kain flanel warna-warni
  3. Apabila sudah potong seukuran 3-4 cm dengan pola memanjang
  4. Selanjutnya tempelkan kain flanel berikut ke wadah atau area tisu yang sudah di siapkan tadi
  5. Nah tempel dan ulangi kain flanel dengan warna yang berbeda hingga hingga selesai
  6. Untuk tutupnya, ukur kain flanel sesudah itu tempelkan di tutup berasal dari kotak tisu berikut sesudah itu potong ikuti pola berasal dari tutupnya dan rekatkan dengan lem.
  7. Nah untuk finishing, anda hanya tinggal beri tambahan hiasan atau pernak-pernik di samping maupun atasnya

Mudah sekali kan membuatnya, di dalam suasana kala senggang barangkali kerajinan ini bisa menjadi salah satu pengisi kala luangmu, dan termasuk dengan membuat kerajinan tangan yang keren seperti ini anda bisa menjualnya loh di toko online.

Yang Lebih Uniknya Lagi Kita Bisa Membuat Tas Cantik Loh, Hanya Dengan Menggunakan Kain Flanel

3. Kreasi Tas Unik berasal dari kain Flanel

Bantal Dari Kain Flanel

Buat anda yang bahagia jenis fashion yang unik dan jarang orang mengerti, barangkali menggunakan kerajinan yang satu ini bisa menjadikan gayamu lebih keren dan unik.

Sebuah tas berasal dari flanel ini barangkali di masa saat ini masih jarang yang memakainya, nah jika anda tertarik untuk membuatnya caranya terlalu mudah sekali.

  1. Yang pertama anda harus mempersiapkan lebih dari satu kain flanel yang sudah anda gambari polanya.
  2. Kemudian jahit keduanya dengan mesin jahit atau termasuk bisa anda jahit sendiri dengan langkah manual.
  3. Step terakhir yaitu, membuat gantunganya dan termasuk beri hiasan sehingga lebih menarik lagi untuk anda pakai.

Sangat mudah sekali, tas lucu ini termasuk bisa anda jadikan sebagai salah satu product yang bisa anda pasarkan termasuk loh! Dari sebuah barang bekas yang tak dianggap perlu namun malah bisa menambah tidak tipis kantong hehe. Silahkan coba ya !.

4. Hiasan atau Aksesoris Kaos berasal dari Kain Flanel

Bantal Dari Kain Flanel

Punya banyak kaos polos? Tapi bingung hiasi menggunakan apa? Mungkin kain flanel bisa menjadi salah satu solusinya. Sekarang sedangsangat trend sekali menggunakan kain flanel ini sebagai sebuah hiasan di dalam kaos.

Misalnya menggunakan kain flanel ini, dan membentuk pola burung atau tulisan nama kita sendiri. Nah untuk anda yang bisa memberi warna baru di dalam kaosmu barangkali anda bisa coba salah satu kerajinan berasal dari kain flanel ini.

Selain untuk anak-anak, anda juga bisa membuat untuk dijadikan sebuah kaos seragam reuni yang unik dan juga jarang ada. Pada kala ini tersedia terlalu banyak konveksi kaos terpercaya untuk mengerjakan desain kaos seperti kerajinan di atas.

5. Kerajinan Tangan berasal dari Kain Flanel – Gantungan Kunci berasal dari Kain Flanel

Bantal Dari Kain Flanel

Nah ini dia accessories yang barangkali sudah banyak dikenal oleh banyak orang yaitu sebuah gantungan kunci. Ternyata gantungan kunci ini sangat cocok apabila dibuat dengan menggunakan kain flanel.

Bentuk dari gantungan ini bisa anda sesuaikan dengan apa yang anda inginkan, anda bisa membuat gantungan kunci dengan wujud boneka lucu, atau termasuk dengan wujud huruf namamu.

Buat anda yang bisa membuat gantungan kunci yang lucu, dibawah ini tutorial membuat sebuah gantungan kunci lucu berasal dari kain flanel dengan wujud minion, review hingga selesai ya ! :

6. Kreasi Bantal Keren berasal dari kain Flanel

Bantal Dari Kain Flanel

Ini nih ternyata,membuat anda yang pengen accessories untuk menghiasi ruang tamu mu, anda bisa membuat sebuah kreasi yang menarik sebuah bantal yang keren berasal dari kain flanel.

Dari bahan kain flanel ini anda bisa membuat wujud atau desain bantal ini dengan cocok hatimu, anda termasuk bisa membuat beragam macam wujud seperti wujud boneka beruang, atau wujud yang lainya.

Buat anda yang pengen membuat kreasi handcraft berasal dari kain flanel ini, berikut ini salah satu contoh bantal berupa awan yang terbuat berasal dari kain flanel.

7. Hiasan Bantal Berbentuk Bunga berasal dari kain flanel

Bantal Dari Kain Flanel

Masih satu tema dengan pembahasan bantal di atas, kreasi yang satu ini adalah sebuah hiasan bantal yang berupa bunga. Prakarya ini bisa anda membuat untuk hiasi bantal yang menurutmu kurang menarik untuk di taruh di ruang tamu rumahmu.

Untuk bentuknya, anda bisa membuat cocok apa yang anda inginkan. Misalnya anda menghendaki membuat wujud bunga dengan bahan kain flanel, disitu anda bisa mengkombinasikan lebih dari satu warna sehingga bunga yang terbentuk menjadi lebih menarik.

Demikian cara membuat bantal dari kain flanel, dan beberapa contoh gambar berkreasi dengan kain flanel, yuk tunggu apa lagi, cobain sekarang juga.