Bagian Bagian Jamur Tempe

Posted on

Jamur adalah jenis tanaman yang sangat unik karena meskipun terlihat seperti tumbuhan, tapi sebenarnya jamur adalah organisme yang lebih dekat dengan kingdom fungi. Ada banyak jenis jamur di dalam dunia ini, dan beberapa jenis di antaranya sangatlah beracun. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui macam dan jenis jamur beracun agar kita dapat menghindarinya.

Jenis-jenis Jamur Beracun

Gambar jamur

Berikut adalah beberapa jenis jamur beracun yang perlu kita ketahui:

1. Amanita Phalloides

Gambar Amanita Phalloides

Jenis jamur ini biasanya ditemukan di daerah Eropa, Asia, dan Amerika Utara. Jamur ini sangat beracun dan dapat menyebabkan keracunan berat bahkan kematian. Ciri-ciri jamur ini adalah memiliki tudung dengan bentuk cembung dan sekitar 5-15 cm diameter, berwarna hijau, kuning atau abu-abu. Batang jamurnya lebih kecil dibandingkan dengan tudungnya dan berwarna putih.

2. Galerina Marginata

Gambar Galerina Marginata

Jenis jamur ini biasanya ditemukan di daerah Amerika Utara. Jamur ini sangat beracun dan dapat menyebabkan keracunan berat bahkan kematian. Ciri-ciri jamur ini adalah memiliki tudung dengan bentuk oval atau setengah bulat, berwarna cokelat hingga kemerahan, dan berukuran sekitar 1-3 cm diameter. Batang jamurnya lebih kecil dibandingkan dengan tudungnya dan berwarna kuning kecokelatan.

3. Gyromitra Esculenta

Gambar Gyromitra Esculenta

Jenis jamur ini biasanya ditemukan di daerah Eropa dan Amerika Utara. Jamur ini sangat beracun dan dapat menyebabkan keracunan berat bahkan kematian. Ciri-ciri jamur ini adalah memiliki bentuk seperti otak manusia, berwarna cokelat hingga hitam, dan berukuran sekitar 5-20 cm diameter. Batang jamurnya kecil dan berwarna putih.

Baca juga  Cara Membuat Baglog Jamur Tiram

4. Inocybe

Gambar Inocybe

Jenis jamur ini biasanya ditemukan di daerah Eropa dan Amerika Serikat. Jamur ini sangat beracun dan dapat menyebabkan keracunan berat bahkan kematian. Ciri-ciri jamur ini adalah memiliki tudung dengan bentuk seperti kerucut atau bola, berwarna cokelat hingga ungu, dan berukuran sekitar 1-9 cm diameter. Batang jamurnya lebih kecil dibandingkan dengan tudungnya dan berwarna putih.

5. Cortinarius Rubellus

Gambar Cortinarius Rubellus

Jenis jamur ini biasanya ditemukan di daerah Eropa dan Amerika Utara. Jamur ini sangat beracun dan dapat menyebabkan keracunan berat bahkan kematian. Ciri-ciri jamur ini adalah memiliki tudung dengan bentuk seperti corong terbalik, berwarna ungu muda hingga merah muda, dan berukuran sekitar 1-6 cm diameter. Batang jamurnya lebih kecil dibandingkan dengan tudungnya dan berwarna putih kecokelatan.

Pencegahan Keracunan Oleh Jamur Beracun

Gambar jamur yang aman

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah keracunan karena mengonsumsi jamur:

1. Kenali jenis jamur yang akan Anda konsumsi

Sebelum memakan jamur yang tumbuh secara alami, pastikan untuk mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Jangan memakan jamur yang didapat dari tempat yang tidak diketahui atau dipercayai.

2. Memasak jamur sepenuhnya

Setiap jenis jamur harus dimasak sepenuhnya sebelum dimakan. Menggoreng, merebus, atau memanggang dapat membantu mengurangi toksinitas pada jamur.

3. Hati-hati dalam mengonsumsi jamur kering

Jamur kering mengandung banyak sisa-sisa racun dan bahkan jika direndam dalam air sebelum dimasak, tidak dapat menghilangkan racun. Oleh karena itu, pastikan bahwa jamur kering dimasak dengan benar dengan menggunakan metode yang tepat.

Kesimpulan

Jamur adalah salah satu jenis tanaman yang sangat unik, dan terdapat banyak jenis di seluruh dunia. Namun, beberapa jenis jamur sangat beracun dan dapat menyebabkan keracunan bahkan kematian. Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis-jenis jamur beracun dan menghindarinya. Kenali jenis jamur yang akan Anda konsumsi dengan benar, dan pastikan untuk memasak sepenuhnya sebelum dimakan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih waspada terhadap jamur beracun.

Baca juga  Pentol Jamur

Simak tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *