Bagaimana Cara Menggunakan Listrik yang Aman?

Bagaimana Cara Menggunakan Listrik yang Aman? – Peralatan rumah tangga saat ini memang sudah bergantung pada listrik, misalnya TV, kulkas, mesin cuci dan masih banyak lagi. Namun, jika tidak ingin celaka, tentu Anda juga harus berhati-hati dalam penggunaanya.

Apalagi, kebanyakan musibah kebakaran kerap terjadi karena disebabkan oleh listrik. Baik itu karena adanya konsleting ataupun kecerobohan si pemilik rumah itu sendiri. Oleh sebab itu, PLN telah memberikan tips aman dalam menggunakan listrik di rumah.

Lalu, bagaimana cara menggunakan listrik yang aman? Yuk, langsung saja simak ulasan artikelnya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Bagaimana Cara Menggunakan Listrik yang Aman?

1. Ikuti Petunjuk Penggunaan

Pelajari dan pahami penggunaan peralatan listrik pada buku panduannya, supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Perhatikan Daya Listrik

Dalam penggunaan peralatan listrik, Anda harus memperhatikan daya yang sesuai dengan daya listrik rumah Anda.

3. Hati-hati Saat Menyalakan atau Mematikan Peralatan Listrik

Saat akan mencabut atau mematikan peralatan listrik, perhatikan kondisi stopkontak dan jangan mendahului mematikan peralatan listrik dari stopkontak langsung sebelum alat listrik itu dimatikan sebelumnya.

Baca Juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

4. Beri Sedikit Ruang di Sekitar Peralatan Listrik

Setiap peralatan listrik yang Anda pakai bisa menimbulkan energi panas di sekitarnya. Oleh karena itu, jangan letakan peralatan listrik di tempat yang tertutup, karena komponen di dalamnya mengeluarkan energi panas yang bisa menyebabkan peralatan listrik terbakar, bahkan tidak bisa digunakan lagi.

5. Jangan Sentuh Peralatan Listrik Jika Tangan Basah

Seandainya tangan Anda basah, maka jangan sekali-kali mencoba untuk memegang peralatan listrik yang sedang menyala karena tangan yang basah mengandung air. Air sendiri merupakan penghantar listrik baik yang bisa menghantarkan arus listrik.

Baca Juga: Fungsi Remot AC Sharp

6. Jangan Meletakkan Peralatan Listrik Dekat Bahan Kimia

Anda harus menghindari meletakkan bahan kimia didekat peralatan listrik, karena bahan kimia bisa memicu terjadinya kebakaran.

7. Matikan Peralatan Listrik Jika Sedang Mati Lampu

Seandainya rumah Anda mengalami mati listrik, cepat matikan peralatan listrik sebelum listriknya menyala. Mungkin sebagian peralatan listrik memerlukan daya yang besar saat pertama kali dinyalakan, sehingga dikhawatirkan listrik akan kembali mati jika menyalakan peralatan listrik tersebut.

Penggunaan peralatan listrik yang berpemanas dan berputar juga dapat mencederai penghuni seandainya menyala tiba-tiba. Dengan Anda memperhatikan hal-hal penting di atas semoga bisa membantu Anda supaya terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Pupuk Urea