Ayam Taliwang Lima Rasa

Posted on

Siapa yang tidak kenal dengan ayam taliwang? Masakan yang berasal dari Lombok ini memiliki cita rasa yang khas dan telah menjadi favorit banyak orang. Salah satu restoran yang terkenal dengan olahan ayam taliwangnya adalah Ayam Taliwang Bersaudara.

Ayam Taliwang Lima Rasa

Ayam Taliwang Lima Rasa

Ayam Taliwang Bersaudara memiliki menu andalan yang tidak boleh dilewatkan, yaitu ayam taliwang lima rasa. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung yang dipanggang dengan bumbu khas taliwang dan diberikan lima jenis rasa yang berbeda.

Rasa yang pertama adalah pedas, sesuai dengan karakteristik ayam taliwang yang memang terkenal pedas. Rasa yang kedua adalah manis, dengan tambahan madu dan gula merah yang memberikan sensasi manis di mulut. Rasa ketiga adalah asam, dengan tambahan jeruk nipis segar yang memberikan rasa segar pada ayam yang panggang. Rasa keempat adalah gurih, dengan tambahan kelapa parut yang memberikan sensasi gurih pada ayam. Rasa kelima adalah aroma wangi, dengan tambahan daun pandan yang memberikan aroma segar pada ayam yang dipanggang ini.

Bumbu Khas Ayam Taliwang

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, ayam taliwang memiliki bumbu yang khas dan membuatnya memiliki cita rasa yang begitu lezat. Bumbu yang digunakan untuk ayam taliwang adalah bawang merah, bawang putih, lombok merah, lombok hijau, kunyit, kemiri, dan cabe merah.

Semua bumbu ini kemudian dihaluskan dan dicampur dengan air jeruk nipis dan garam secukupnya. Kemudian ayam yang telah dicuci dan dibersihkan diaduk dengan bumbu ini hingga rata dan diamkan selama beberapa saat agar bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Baca juga  Sabung Ayam Taji

Cara Memasak Ayam Taliwang

Setelah bumbu meresap ke dalam daging ayam, ayam yang telah dibumbui kemudian dibakar di atas api yang besar. Jangan lupa membolak-balik ayam agar matang merata dan tidak gosong di salah satu bagian.

Jika ingin mencoba membuat ayam taliwang di rumah, jangan lupa untuk memilih ayam yang berkualitas, serta bahan bumbu yang segar dan berkualitas juga. Dengan bahan yang baik, maka hasil olahan ayam taliwang yang dihasilkan juga akan semakin lezat.

Pilihan Lain di Ayam Taliwang Bersaudara

Selain ayam taliwang lima rasa, Ayam Taliwang Bersaudara juga memiliki berbagai pilihan menu lain yang tak kalah lezat. Beberapa menu yang bisa dicoba di antaranya adalah ayam bakar, ayam goreng, bebek goreng, ikan bakar, dan masih banyak lagi.

Semua menu ayam taliwang di Ayam Taliwang Bersaudara dijamin halal dan dibuat dengan bahan berkualitas. Selain itu, suasana restorannya yang nyaman dan bersih juga membuat para pengunjung merasa betah untuk menikmati hidangan mereka.

Simak Tips Berikut ini

Jika ingin menikmati olahan ayam taliwang yang enak, ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan. Tips pertama adalah memilih ayam yang berkualitas. Ayam yang segar dan berkualitas akan memberikan rasa dan tekstur yang lebih baik pada hidangan Anda.

Tips kedua adalah memilih bahan bumbu yang segar dan berkualitas. Bumbu yang segar dan berkualitas akan memberikan rasa yang lebih lezat pada hidangan Anda. Tips ketiga adalah memasak ayam taliwang dengan api yang besar agar daging ayam matang merata dan tidak gosong. Terakhir, jangan lupa untuk membolak-balik ayam saat memasak agar matang merata di semua bagian.

Jika Anda berada di Lombok, jangan lupa untuk mampir ke Ayam Taliwang Bersaudara untuk menikmati olahan ayam taliwang yang lezat dan nikmati pula suasana restorannya yang nyaman dan bersih. Selamat menikmati!

Baca juga  Pial Ayam

Baca tulisan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *