Ayam Penyet Surabaya Purbalingga

Posted on

Ha-llo teman-teman!

Eh, kalian udah pada makan belum nih?

ayam penyet surabaya

Aku tadi coba makan di sebuah warung di Surabaya nih. Ada menu yang namanya Ayam Penyet Surabaya. Terus, penasaran kan aku dengan rasanya. Akhirnya aku pesen lah satu porsi nih.

ayam penyet surabaya yang enak

Wah enak banget loh guys!

Jadi begini, Ayam Penyet Surabaya itu sejenis kuliner dari Indonesia yang dijajakan di warung-warung pinggir jalan. Rasanya pedas dan enak. Biasanya, Ayam Penyet Surabaya disajikan dengan nasi putih yang tadi difotoin sama aku, lalu ada juga sayur asem, telur goreng, tahu atau tempe goreng, dan sambal yang pedasnya juara banget.

ayam penyet surabaya yang berasa surabaya

Sayur asemnya itu, menurutku khas Surabaya nih. Dimasak dengan bumbu rempah yang khas jadi rasanya mantap banget. Selain itu, telur gorengnya juga bikin lidah kamu ketagihan, renyah dan garing di luar, lalu empuk di dalamnya. Pokoknya, semua menu yang disajikan di sini sih maknyus abis!

ayam penyet surabaya yang bikin lidah ketagihan

Jangan salah, kamu juga bisa bikin Ayam Penyet Surabaya di rumah lho!

Gampang kok, kamu tinggal siapin bahan-bahannya aja, kayak bahan-bahan ini nih:

  • 4 potong ayam bagian dada
  • 3 batang serai
  • 2 lembar daun salam
  • 3 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 6 buah cabe merah keriting
  • 6 buah cabe rawit
  • 1 sdt terasi
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 100 ml air

Lalu, cara bikin Ayam Penyet Surabaya itu sederhana banget. Kamu cuma perlu membuat bumbu sambal terlebih dahulu. Selanjutnya, tumis bahan-bahan sampai harum, lalu masukkan garam dan kaldu bubuk. Masak sampai airnya agak sedikit kering. Setelah itu, goreng ayam hingga matang dan harum. Lalu, ayam dan sambal disajikan bersama lalapan, telur mata sapi, dan nasi panas.

Baca juga  Ayam Bakar Cobek Madiun

ayam penyet surabaya homemade

Wah, gampang banget kan teman-teman? Jadinya, kamu pun bisa menikmati kuliner khas Surabaya di rumah, tanpa perlu keluar rumah.

Nah, kalo korang udah pada penasaran dan pingin kangen makan Ayam Penyet Surabaya lagi, bisa nih pesan via online

Tapi ingat ya, tetap jaga kesehatan dan periksa kesehatanmu secara rutin. Semoga informasi yang aku sharing hari ini bisa bermanfaat bagi kalian ya. Jangan lupa tetap semangat dan jangan lupa makan siang, supaya tetap berenergi selama seharian.

Sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya teman-teman.

Simak postingan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *