Ayam Pendek

Posted on

Siapa yang tidak suka dengan ayam? Hewan piaraan yang satu ini memang sering menjadi pilihan utama konsumsi manusia. Namun, selain ayam jenis biasa, ternyata ada banyak juga jenis ayam hias yang sangat menarik untuk dipelihara. Salah satunya adalah ayam kate.

Ayam Kate: Jenis Ayam Hias yang Menarik Perhatian

Ayam Kate

Ayam kate atau sering juga disebut dengan ayam kate Serama merupakan salah satu jenis ayam hias asal Malaysia. Ayam kate memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun memiliki karakteristik unik yang berbeda dengan ayam jenis biasa.

Salah satu ciri khas yang paling mencolok dari ayam kate adalah postur tubuhnya yang tegak. Mereka memiliki dada yang menonjol ke depan, serta badan yang terlihat melayang-layang. Selain itu, ayam kate juga memiliki jambul yang lebat pada kelopak matanya.

Umumnya, ayam kate memang dijadikan sebagai hewan peliharaan atau ayam hias, dan jarang dimanfaatkan untuk konsumsi. Namun, bagi para penggemar ayam kate, mereka sangat menyayangi dan memelihara ayam kate mereka dengan penuh kasih sayang. Bahkan, ayam kate juga sering diikutkan dalam kontes kecantikan ayam hias di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Cara Merawat Ayam Kate

Ayam Kate

Jika Anda tertarik untuk memelihara ayam kate, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Memilih bibit ayam kate yang baik dan sehat
  2. Pilihlah bibit ayam kate yang memiliki postur tubuh yang tegak, mata yang bersih dan jelas, serta bergerak dengan lincah dan aktif.

  3. Menyediakan kandang yang sesuai
  4. Untuk kandang ayam kate, sebaiknya Anda memberikan ruang yang cukup agar ayam kate merasa nyaman dan leluasa. Pastikan juga kandang diberi sirkulasi udara yang baik, dan diberi alas yang empuk untuk menghindari cidera.

  5. Menjaga kebersihan kandang
  6. Agar ayam kate tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit, sebaiknya Anda rajin membersihkan kandang ayam secara berkala. Usahakan untuk mengganti alas kandang minimal 1-2 kali dalam seminggu.

  7. Memberikan pakan yang sehat dan bergizi
  8. Untuk pakan ayam kate, Anda dapat memberikan biji-bijian atau voer khusus ayam. Selain itu, tambahkan juga sayuran dan buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

  9. Menjaga suhu tubuh ayam kate
  10. Ayam kate termasuk jenis ayam yang peka terhadap suhu tubuh. Sehingga sebaiknya hindari untuk memandikan ayam kate pada malam hari atau di tempat yang terlalu dingin. Pastikan suhu tubuh ayam kate tetap hangat saat malam hari.

Kelebihan dan Kekurangan Memelihara Ayam Kate

Seperti halnya hewan peliharaan lainnya, memelihara ayam kate tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Kelebihan memelihara ayam kate
    1. Ayam kate memiliki karakter yang lucu dan imut, sehingga senang dipelihara dan dipandang sehari-hari.
    2. Perawatan ayam kate tidak terlalu rumit dan mahal, sehingga cocok untuk hewan peliharaan bagi anak-anak maupun orang dewasa yang sibuk.
    3. Ayam kate memiliki ukuran kecil, sehingga cocok untuk ditempatkan di halaman kecil atau di apartemen.
    4. Ayam kate dapat dilatih untuk berlomba dalam kontes kecantikan ayam hias, sehingga bisa menjadi hobi yang menguntungkan bagi pemiliknya.
  • Kekurangan memelihara ayam kate
    1. Harga bibit ayam kate yang cukup mahal dibandingkan ayam jenis lainnya.
    2. Berisik saat berkokok pada pagi hari atau bila ada perubahan lingkungan yang membahayakan seperti adanya anjing liar misalnya.
    3. Perlu perawatan lebih ekstra untuk menjaga kesehatannya.

Kesimpulan

Jika Anda ingin memelihara hewan peliharaan yang unik dan menarik, ayam kate bisa menjadi pilihan yang menarik. Selain memiliki karakter lucu dan imut, ayam kate juga mudah dirawat dan cocok untuk ditempatkan di halaman kecil atau di apartemen. Namun, sebelum memutuskan memelihara ayam kate, pastikan Anda telah memahami betul tentang perawatannya agar ayam kate tetap sehat dan senang di pelihara.

Simak tulisan lainnya seputar Ayam

Baca juga  44+ Sanitasi Termasuk Teknik Budidaya Unggas Petelur Meliputi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *