Ayam Buat Pengesahan Psht

Posted on

Seorang profesional harus mampu memahami berbagai macam budaya dan kultur yang ada di sekitarnya. Salah satu budaya yang masih dilestarikan oleh sebagian masyarakat Indonesia adalah tradisi adu ayam. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas ritual ayam jago pengesahan warga PSHT yang mungkin masih kurang familiar bagi sebagian orang.

Ritual Ayam Jago Pengesahan Warga PSHT

Ayam Jago

PSHT adalah singkatan dari Persaudaraan Setia Hati Terate, sebuah organisasi perguruan silat yang berasal dari Tanah Jawa. Selain ilmu silat, PSHT juga mempelajari berbagai macam hal termasuk ilmu agama dan budaya. Ritual ayam jago Pengesahan warga PSHT merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan dalam rangka pembinaan karakter dan moral anggotanya.

Tradisi adu ayam yang dilakukan sebagai ritual pengesahan warga PSHT ini bukanlah adu ayam dalam arti yang sebenarnya. Ayam yang diperlombakan adalah ayam tunggal, yaitu ayam yang telah diakui oleh warga PSHT sebagai representasi dari diri mereka sendiri. Artinya, ayam merupakan simbolisasi dari diri mereka. Sehingga kematian ayam dianggap sebagai penyerahan diri.

Proses Ritual

Proses ritual ayam jago pengesahan warga PSHT dimulai dengan pemilihan ayam oleh warga PSHT yang telah dianggap siap untuk dijadikan simbol diri mereka. Biasanya ayam yang dipilih merupakan ayam yang memiliki kekuatan dan karakteristik yang sama dengan pemiliknya.

Ayam Jago 2

Selanjutnya, ayam yang dipilih akan dihadirkan dalam sebuah pertunjukan di hadapan khalayak ramai. Tidak ada unsur taruhan dalam pertunjukan ini, namun adakalanya pengunjung memberikan hadiah kepada ayam dan pemiliknya.

Pertunjukan dimulai dengan pameran kemampuan masing-masing ayam. Dalam pertunjukan ini, pemilik ayam mencoba menunjukkan kemampuan dan kekuatan ayam mereka dengan cara memanggilnya. Ayam yang dipanggil akan datang ke pangkuan pemiliknya dan bahkan berani menyerang lawan jarak dekat. Kekuatan dan keberanian ayam ini dianggap sebagai simbol dari kekuatan dan keberanian diri sendiri.

Baca juga  Ayam Bangkok Jawara

Ayam Jago 3

Setelah pertunjukan, pemilik ayam akan menyembelih ayam mereka dengan cara khas PSHT. Sebelum menyembelih, ayam akan diarak keliling arena pertunjukan sambil dikumandangkan lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya.

Pembunuhan ayam ini dianggap sebagai simbol dari pengorbanan diri. Ayam dipotong lehernya dan darahnya diharapkan dapat menjadi doa yang meningkatkan kualitas diri setiap anggota PSHT.

Kesimpulan

Meskipun masih banyak orang yang belum memahami tradisi adu ayam dan ayam jago pengesahan warga PSHT ini, sebenarnya kegiatan ini memiliki makna yang sangat dalam. Hal tersebut terbukti dengan masih banyaknya masyarakat yang menjalankan ritual ini, baik dari kalangan muda maupun dewasa.

Sebagai seorang profesional, kita seharusnya mampu menghargai setiap budaya dan tradisi yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak mudah menjudge dan meremehkan tradisi dan budaya yang belum kita ketahui. Jadi, mari kita jaga warisan budaya Indonesia dengan baik dan terus mengembangkannya.

Baca tulisan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *