Ayam Broiler Cornish

Posted on

Ternak ayam broiler atau ayam potong memang sudah menjadi primadona di dunia peternakan. Banyak peternak yang memelihara ayam broiler karena memiliki kecepatan pertumbuhan yang tinggi. Namun, untuk membedakan daging ayam broiler yang terbaik memang perlu sedikit keahlian. Berikut ini adalah cara untuk membedakan daging ternak ayam broiler terbaik.

Ayam Broiler yang Sehat

Ternak Ayam Broiler

Pertama-tama, pastikan ayam broiler yang dipilih sehat dan tidak memiliki penyakit apapun. Pilih ayam yang lincah dan tidak lemas. Sebab, ayam yang sakit dan lemas biasanya memiliki daging yang kurang berkualitas. Selain itu, pastikan juga lingkungan peternakan tempat ayam broiler dipelihara. Tempat peternakan harus bersih dan tidak bau tak sedap.

Usia Ternak Ayam Broiler

Usia Ternak Ayam Broiler

Usia ternak ayam broiler juga mempengaruhi kualitas daging. Pilih ayam broiler yang berusia 35-42 hari. Pada usia tersebut, ayam broiler sudah memiliki berat badan yang cukup ideal sekitar 1,2-2 kg tergantung dari jenis AJT (ayam jenis tebal) yang diambil. Jangan memilih ayam broiler yang terlalu muda atau terlalu tua.

Pemotongan Ayam Broiler

Pemotongan Ayam Broiler

Setelah memilih ayam broiler yang sehat dan berusia ideal, langkah selanjutnya adalah proses pemotongan. Pastikan proses pemotongan ayam broiler sesuai syarat sanitasi yang diatur pemerintah. Pemotongan harus dilakukan oleh tangan-tangan yang sudah berpengalaman. Daging ayam broiler yang sudah dipotong harus disimpan pada suhu dingin dan dibersihkan terlebih dahulu sebelum diproses lebih lanjut.

Memilih Potongan Ayam Broiler

Memilih Potongan Ayam Broiler

Memilih potongan ayam broiler ternyata juga mempengaruhi kualitas daging. Pilih potongan ayam broiler yang tidak terlalu banyak mengandung lemak. Jangan memilih daging ayam yang berwarna coklat atau tidak segar. Pilih potongan dada atau paha ayam broiler yang biasanya memiliki daging yang kenyal dan sedikit mengandung lemak.

Baca juga  Ayam Kedu

Penyimpanan

Penyimpanan Ayam Broiler

Daging ayam broiler yang sudah dipilih harus disimpan dengan baik agar tidak mudah rusak. Pastikan daging ayam broiler disimpan pada suhu dingin, sekitar 2-5 derajat Celcius. Jangan membekukan daging yang sudah dipotong, karena hal ini bisa mempengaruhi kualitas daging. Sebaiknya simpan daging pada kulkas atau freezer.

Itulah cara-cara untuk membedakan daging ternak ayam broiler yang terbaik. Daging ayam broiler yang berkualitas tentu saja akan menghasilkan masakan yang lezat dan mempunyai aroma yang menarik. Selamat mencoba!

Baca artikel lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *