Ase Cabe Hijau Khas Sunda
sumber: resepmami.info

Ase Cabe Hijau Khas Sunda

Posted on
Ase Cabe Hijau Khas Sunda
sumber: resepmami.info

Apakah Anda pecinta kuliner khas Indonesia? Jika ya, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan hidangan ase cabe hijau khas Sunda. Aroma harum dan cita rasa lezat dari ase cabe hijau ini akan membawa Anda dalam perjalanan kuliner yang memikat. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep dan informasi lengkap mengenai ase cabe hijau khas Sunda, serta mengungkap rahasia di balik kelezatannya.

Mengenal Ase Cabe Hijau Khas Sunda

Ase cabe hijau adalah hidangan tradisional khas Sunda yang terkenal dengan rasa pedas dan segar. Dalam bahasa Sunda, “ase” berarti santan, sedangkan “cabe hijau” mengacu pada cabai hijau yang menjadi bahan utama dalam hidangan ini. Ase cabe hijau khas Sunda biasanya disajikan sebagai pelengkap nasi hangat dan lauk pauk lainnya.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak ase cabe hijau khas Sunda, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang biasanya digunakan dalam resep ase cabe hijau:

  • Cabai hijau besar (10 buah), iris serong
  • Bawang merah (5 siung), iris tipis
  • Bawang putih (3 siung), iris tipis
  • Terasi (1 sendok makan)
  • Gula merah (secukupnya), sisir halus
  • Garam (secukupnya)
  • Daun jeruk purut (5 lembar)
  • Santan kelapa (500 ml)
  • Minyak kelapa (2 sendok makan)
  • Air asam jawa (2 sendok makan)

Langkah-Langkah Memasak Ase Cabe Hijau Khas Sunda

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat ase cabe hijau khas Sunda yang lezat:

  1. Panaskan minyak kelapa dalam wajan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berwarna keemasan.
  3. Masukkan terasi dan cabai hijau. Aduk rata dan tumis hingga cabai layu.
  4. Tuangkan santan kelapa ke dalam wajan. Aduk perlahan hingga mendidih.
  5. Tambahkan daun jeruk purut, gula merah, dan garam. Aduk hingga gula merah larut.
  6. Koreksi rasa dan masukkan air asam jawa. Aduk rata.
  7. Masak ase cabe hijau dengan api kecil hingga santan mengental dan bumbu meresap.
Baca juga  Resep Sanggar Cempedak

Kelezatan Ase Cabe Hijau yang Menggugah Selera

Ase cabe hijau khas Sunda memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Rasa pedas dari cabai hijau dipadukan dengan kelezatan santan dan aroma harum daun jeruk purut. Hidangan ini cocok disajikan sebagai pendamping nasi hangat dan lauk pauk favorit Anda.

FAQs – Pertanyaan Umum Tentang Ase Cabe Hijau Khas Sunda

Apa yang membuat ase cabe hijau khas Sunda istimewa? Keistimewaan ase cabe hijau terletak pada kombinasi rasa pedas dan segar yang menciptakan harmoni cita rasa yang unik.

Bisakah saya mengatur tingkat kepedasan ase cabe hijau? Tentu saja, Anda dapat mengatur jumlah cabai hijau sesuai dengan preferensi rasa pedas Anda.

Berapa lama waktu memasak ase cabe hijau? Waktu memasak ase cabe hijau biasanya memakan waktu sekitar 30-40 menit, tergantung pada kepekatan santan dan tingkat kelezatan yang diinginkan.

Apakah ada variasi bahan lain yang bisa ditambahkan? Anda dapat menambahkan ikan atau daging sebagai variasi lauk dalam hidangan ini.

Apakah ase cabe hijau cocok untuk acara khusus? Tentu, ase cabe hijau cocok disajikan dalam acara-acara khusus dan pesta makan-makan.

Kesimpulan: Nikmati Kelezatan Ase Cabe Hijau Khas Sunda di Rumah

Dengan resep ase cabe hijau khas Sunda ini, Anda dapat menciptakan hidangan lezat yang menggugah selera di rumah. Kombinasi antara cabai hijau, santan, dan bumbu-bumbu khas Sunda akan membuat hidangan ini menjadi favorit di meja makan Anda. Segera coba resep ini dan nikmati kelezatannya bersama keluarga tercinta.

Baca juga  Kue Pasung Bungkus Daun Nangka