Pengertian dan arti kata spam dalam dunia maya serta contohnya

Pengertian
arti kata spam
image via blog.malwarebytes.com

Pengertian dan arti kata spam yang mungkin belum anda ketahui serta efek buruk spam untuk email, dan blog. Spam merupakan salah satu kata yang sangat akrab sekali terutama di dunia maya. Kata ini memiliki arti yang kurang baik karena spam dianggap sebagai salah satu masalah tersendiri entah di email atau jejaring sosial. Meskipun sangat familiar tapi ada banyak orang yang ternyata belum mengetahui apa arti spam itu sendiri. Berikut beberapa penjelasan mengenai maksud atau arti kata spam dalam dunia maya:

 

Arti kata spam

Spam adalah sebuah istiah dalam dunia internet yang mengacu pada Email komersial yang tidak diminta atau email massal yang tidak diinginkan. Bentuk spam di internet bermacam-macam termasuk diantaranya adalah sebuah email yang berisi iklan atau ulasan sebuah produk yang jelas kita tidak menginginkannya.

Jadi intinya, spam adalah pengiriman pesan secara terus-menerus yang tidak memiliki manfaat dan tidak dikehendaki oleh penerimanya.

Istilah spam pada asalnya paling banyak digunakan untuk sebuah email yang tidak berguna. Akan tetapi seiring perkembangannya ternyata spam bukan hanya berhubungan dengan masalah email saja. Melainkan jejaring sosial juga menggunakan istilah spam sebagai tanggapan dari sebuah komentar atau postingan yang tidak ada gunanya. Di dunia website sendiri ada juga komentar spam yang itu artinya merupakan komentar yang tidak diinginkan atau komentar yang hanya promosi belaka.

 

Spam pada Email

Banyak pembuat spam yang menggunakan trik untuk membuat penerima email tersebut membaca pesan yang mereka sampaikan. Misalnya dengan menggunakan baris subyek untuk mempengaruhi anda agar membuka pesan tersebut. Selain itu, salah satu trik yang biasanya digunakan oleh para spammers adalah memanfaatkan server email pihak ketiga yang sebenarnya tidak bermaksud mengirimkan pesan spam kepada anda. Bahkan, tak jarang spammer mengirim spam mereka dari akun ISP besar sekelas AOL, Yahoo atau Hotmail. Proses spamming biasanya dilakukan dengan menggunakan mesin yang secara otomatis mengirimkan pesan spam tersebut ke akun email anda.

 

Spam di jejaring sosial dan Blog

Selain di email ternyata spam juga merambah ke jaring sosial dan juga blog. Diantara salah satu bentuk spam di jejaring sosial adalah komentar yang hanya berisi iklan. Terkadang juga ada orang yang sengaja berkomentar hanya satu atau dua huruf secara terus-menerus itu juga merupakan salah satu bentuk spam.

Sedangkan di blog berkomentar dengan menyertakan link aktif terkadang juga dianggap sebagai spam. Karena kebanyakan dari komentar tersebut mengarahkan link ke sebuah halaman yang tidak ada kaitannya dengan isi artikel. Komentar spam di blog sangat banyak sekali terutama di platform WordPress. Sehingga membuat pemilik blog melakukan moderasi terhadap setiap komentar yang masuk. Hal ini bertujuan untuk menyaring atau mencekal jika ada komentar yang berupa spam.

 

Mengapa spam bisa menjadi masalah?

Selain membuang-buang waktu anda, email spam tentunya akan memakan banyak bandwidth pada jaringan yang tentunya sangat tidak Anda inginkan. Karena alasan ini pula lah banyak organisasi serta orang yang telah melakukan perlawanan serius terhadap spam. Meskipun demikian, karena internet bersifat publik maka sangat sulit sekali untuk menanggulangi spam secara total. Sedangkan di blog komentar-komentar spam juga akan mengurangi reputasi dari sebuah halaman blog. Belum lagi jika komentar tersebut menyertakan sebuah Link yang menuju ke website dengan reputasi buruk.

 

Cara mencegah spam

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi spam yang masuk. Salah satu caranya adalah dengan memiliki alamat email yang unik. Spammer biasanya mengirim hingga jutaan pesan ke berbagai macam kombinasi alamat email di ISP besar atau penyedia layanan email. Mereka berharap menemukan alamat yang valid.

Jadi dengan demikian, anda bisa menggunakan sebuah alamat email yang unik untuk mencegah atau mengurangi spam. Alamat email yang mudah ditebak biasanya lebih mungkin menjadi sasaran para spammers. Meskipun demikian, kekurangan membuat alamat email seperti ini adalah biasanya sedikit sulit untuk diingat.

Sedangkan untuk blog, Anda bisa mengaktifkan moderasi pada setiap komentar yang masuk sehingga Anda dapat menyaring jika komentar tersebut termasuk spam. Selain itu, bagi pengguna WordPress menggunakan plugin khusus juga dapat membantu mengurangi jumlah spam di kotak komentar.

Demikian tadi informasi mengenai pengertian dan arti kata spam yang perlu Anda ketahui. Semoga info di atas berguna bagi anda.