Arti kata hoax

Arti kata hoax, pengertian serta contohnya (lengkap)

Arti kata, Pengertian
Arti kata hoax
Ilustrasi hoax, image: pixabay.com

Hoax adalah salah satu kata yang sering sekali kita jumpai di dunia maya saat ini. Misalnya saja ada orang yang mengatakan “berita itu hoax jangan dipercaya”. Meskipun kata hoax sering sekali diucapkan, akan tetapi ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui apa arti kata hoax tersebut. Nah sebenarnya apa itu hoax? dan apa maksudnya?. Semua pertanyaan tersebut akan kita bahas dalam artikel berikut ini.

Arti kata hoax

Arti kata hoax adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan segala sesuatu yang tidak nyata atau tipuan. Misalnya saja berita bohong atau berita palsu.

Kata hoax atau bisa disebut berita palsu merujuk pada sebuah informasi atau propaganda palsu yang dupublikasikan dengan kedok sebagai berita nyata atau otentik. Situs web dan saluran berita hoax akan mendorong konten berita palsu mereka dalam upaya untuk menyesatkan konsumen terhadap informasi yang salah melalui jejaring sosial dan dari mulut ke mulut.

Pengertian hoax

Sedangkan PolitiFact mendifinisikan kata hoax sebagai: “Hal-hal yang dibuat-buat, secara ahli dimanipulasi agar terlihat seperti laporan jurnalistik yang kredibel yang mudah disebarkan secara online ke khalayak luas yang bersedia mempercayai fiksi dan menyebarkan berita tersebut.”

Pengertian hoax lainnya adalah informasi yang salah atau tidak dapat diverifikasi yang mengambil keuntungan dari kekuatan jaringan Internet skala besar.

Tujuan penyebaran hoax

Tujuan dari penyebaran berita hoax tentu sangat beragam sekali tergantung dari niat si pelaku penyebar berita tersebut. Ada yang memang disengaja untuk menggiring opini masyarakat misalnya saja seperti black campaign dan sejenisnya. Atau juga hoax karena ketidaksengajaan atau hanya sekedar ingin mencari sensasi semata.

Selain untuk menggiring opini msyarakat, tujuan lain yang kadang diinginkan oleh penyebar hoax adalah untuk keuntungan finansial. Biasanya berita hoax dimunculkan dalam bentuk iklan clickbait yang membuat konsumen untuk mengklik tautan yang menyesatkan tersebut.

Contoh kasus berita hoax

Berita hoax bisa menyebar melalui email, pesan yang diposting di forum atau jejaring sosial dan yang isinya berupaya menciptakan kegelisahan, kemarahan atau penggiringan opini public untuk kepentingan pribadi si penyebar berita hoax..

Salah satu contoh berita hoax yang cukup menggemparkan adalah saat Pemilu Amerika Serikat dimana pada saat itu jejaring sosial raksasa Facebook dianggap lalai dalam melindungi privasi penggunaanya sehingga terkena dampak berita hoax untuk mempengaruhi pilihan masyarakat

Banyak orang di media social yang disurvei secara publik setelah pemilu percaya bahwa penyebaran berita hoax yang tersebar luas membantu mempengaruhi hasil dari pemilu tersebut. Selain Facebook, Google juga telah dikritik karena diklaim juga memainkan peran besar dalam penyebaran berita hoax tersebut.

Situs web dengan konten berita hoax biasanya sering menggunakan kombinasi spoofing situs web dan teknik gaya berita asli untuk menyesatkan pembaca, membuat situs mereka sangat mirip dan beroperasi seperti situs berita otentik.

Bahkan karena kasus berita hoax tersebut Facebook sempat mengalami kritik yang sangat tajam dan bahkan hingga penurunan harga saham yang begitu drastis. Untuk mencegah hal ini terulang kembali Facebook tampaknya telah mengumkan akan memberlakukan kontrol yang lebih ketat terhadap berbagai macam iklan berbayar.

Selain itu facebook juga akan menandai cerita “legitimasi yang dipertanyakan” dengan peringatan yang memberi tahu pembaca bahwa konten tersebut telah “diperselisihkan oleh pemeriksa fakta pihak ketiga.” Perusahaan media sosial juga meluncurkan kemitraan dengan situs web pengecekan fakta untuk mengidentifikasi dan menandai berita hoax agar kejadian di atas tidak terulang kembali.

Seperti halnya banyak bentuk malware, berita hoax juga sering kali berasal dari luar Amerika Serikat, terutama di negara-negara seperti Rusia, bahkan ketika target utamanya adalah khalayak yang berbasis di Amerika. Para pejabat intelijen AS telah berkomentar bahwa mereka “percaya Rusia membantu menyebarkan berita hoax dan disebarkan sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk mempengaruhi dan merusak pemilihan presiden,” menurut BuzzFeed News.

Bagaimana agar kita terhindar dari berita hoax?

Pertama adalah selalu kroscek terhadap semua yang Anda baca di Internet dan apa yang Anda baca di email. Dimungkinkan bagi siapa saja untuk membuat halaman web dan mengirim email berisi pesan apa pun. Jika sesuatu tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan atau tampak di luar kepercayaan, selalu periksa fakta apa yang Anda baca dengan sumber lain sebelum meneruskan pesan tersebut ke teman dan keluarga. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir penyebaran berita hoax tersebut.

Bagaimana kita bisa mencegah hoax?

Sayangnya, berita hoax tidak bisa dicegah 100%. Saran terbaik adalah jangan menjadi bagian dari penyebaran berita hoax tersebut dengan selalu memverifikasi setiap pesan yang anda terima dan jangan terburu-buru meneruskannya atau membagikannya di media sosial. Selain itu, jika Anda memiliki teman atau anggota keluarga yang sering berbagi berita hoax, cobalah untuk selalu memberi tahu mereka mengenai dampak yang bisa ditimbulkan dari berita hoax tersebut.

Demikian tadi ulasan mengenai pengertian dan arti kata hoax serta contohnya yang mungkin masih belum banyak diketahui orang.