Definisi, Makna dan arti Kata Copas (Copy Paste)

Pengertian
Arti kata copas
Arti kata copas

Makna dan arti Kata Copas (Copy paste). Bahasa slang internet yang paling populer digunakan di Indonesia salah satunya adalah “copas”. Jika Anda mencari arti kata ini dalam bahasa asing, maka yang akan Anda temukan adalah Bahasa Italia yang artinya sama sekali tidak ada hubungannya dengan yang kita pahami selama ini. Bahasa slang atau bahasa gaul “copas” memang hanya digunakan di Indonesia, Anda juga pasti sudah tahu artinya.

Copas adalah kependekan dari dua kata yang disambungkan yaitu gabungan dari “copy” dan “paste” yang keduanya merupakan kata dari Bahasa Inggris. Copas memiliki makna menyalin di mana copy dan paste sering kali digunakan dalam penggunaan komputer untuk menyalin teks atau perintah tertentu sehingga bisa menghemat waktu ketika bekerja dengan menggunakan komputer.

 

Arti kata copas

“Copy” dalam bahasa Inggris memiliki arti kata “menyalin” sedangkan “paste” memiliki arti “menempel”. Ketika Anda mengetik menggunakan komputer misalnya, ada teks yang ingin Anda salin dalam paragraf yang sedang Anda tulis, maka Anda tinggal memblok teks yang ingin disalin kemudian berikan perintah copy, kemudian pada bagian di mana Anda ingin menempatkan teks tersebut berikan perintah paste maka teks tang ter-copy akan tertempel pada bagian tersebut. Tidak hanya teks saja, Anda juga bisa melakukan copas untuk memindahkan lokasi dokumen, folder, rentetan kode dalam bahasa pemrograman, dan sebagainya.

Namun sekarang ini arti kata copas tidak hanya sebatas pada konteks penggunaan komputer saja. Dalam bahasa sehari-hari pun kata copas juga sudah banyak digunakan untuk menggantikan kata “menyalin” secara informal. Beberapa contoh kalimatnya adalah:

  • Artikel di blog B adalah hasil copas dari artikel yang ada di blog A sehingga tidak original.
  • Andi meng-copas PR Ari pagi ini di sekolah karena ia belum mengerjakannya.
  • Jangan membuat essay hanya dengan meng-copas isi artikel referensi namun masukkan juga argumen Anda untuk mengujinya menggunakan teori yang sudah dipelajari.

Demikian adalah arti kata copas yang sudah menjadi bagian dari bahasa slang orang Indonesia yang tidak hanya digunakan dalam konteks komputer namun juga di kehidupan sehari-hari.