Arti kata candid
Arti kata candid

Maksud dan Arti kata candid serta contohnya dalam kalimat

Posted on
Arti kata candid
Arti kata candid

Arti kata candid serta contohnya dalam kalimat. Candid pasti adalah kata yang cukup familiar di telinga Anda namun sayangnya kata dalam bahasa asing ini banyak yang salah mengerti artinya. Candid adalah salah satu kata yang memiliki pergeseran makna dan kini memiliki konteks yang berbeda dari arti yang sebenarnya. Dalam konteks sekarang, arti kata candid dipadankan dengan “sembunyi”. Bisa jadi pergeseran maknanya dimulai sejak populernya acara televisi berjudul “Candid Camera” di mana reaksi-reaksi orang yang dikerjai bisa terekam dari kamera yang tersembunyi. Namun arti kata candid yang sebenarnya bukanlah sembunyi.

 

Arti kata candid secara bahasa

Secara bahasa, candid merupakan kata sifat yang ekuivalen dengan jujur, tulus, bebas dari pandangan yang bias. Kata candid diambil dari Bahasa Latin yaitu “candidus” yang berarti “putih” dan mengalami perluasan makna “murni”. Penggunaan kata candid bisa Anda simak maknanya dalam beberapa contoh di bawah ini:

  • Ia mengutarakan pendapatnya secara candid dalam pertemuan tersebut.

Dalam kalimat ini candid dimaknai sebagai pendapat yang disampaikan tanpa dipengaruhi oleh faktor apapun, murni pendapat diri sendiri dan bukan pendapat yang memihak pihak tertentu.

  • Kritik yang ia berikan sangat candid namun bisa jadi masukan yang bagus.

Dalam kalimat ini arti kata candid adalah kritik yang jujur, tanpa bias, dan konstruktif apa adanya dan tidak dilakukan dengan tujuan menjatuhkan pihak tertentu.

Dilihat dari arti kata candid tersebut, maksud dari acara televisi “Candid Camera” adalah merekam reaksi yang jujur dari orang-orang ketika dihadapkan pada situasi tertentu tanpa dibuat-dibuat, tanpa arahan skrip. Kemudian candid juga digunakan dalam konteks fotografi di mana dalam hal ini arti kata candid memiliki makna sebagai objek yang tidak berpose.

Baca juga  Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan?

Foto objek diambil dalam keadaan yang natural tanpa pose yang disengaja dan tanpa persiapan. Sehingga menghasilkan foto yang jujur, yang murni, dan tidak formal. Foto yang candid memang memberikan kesan seperti foto sembunyi-sembunyi karena objek fotonya seharusnya tidak melakukan pose tertentu untuk kamera. Dengan demikian jelas bahwa makna candid yang sebenarnya bukanlah sembunyi melainkan jujur tanpa paksaan dan tanpa dibuat-buat.