Apa yg Dimaksud dengan Microsoft Excel?

Apa yg Dimaksud dengan Microsoft Excel

Apa yg dimaksud dengan microsoft excel – Microsoft Excel ialah sebuah aplikasi yang diaplikasikan untuk mengolah sebuah data dengan otomatis melewati pelbagai format seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik sampai manajemen data.

Maka tidak heran bila Excel seringkali diaplikasikan untuk keperluan administrasi perusahaan. Karena aplikasi ini benar-benar komplit dan benar-benar penting dalam cara kerja pengolahan data perusahaan. Excel juga memiliki formula yang akan membantumu untuk memudahkan kita dalam melakukan perhitungan ataupun pengolahan. Aplikasi yang satu ini juga sangatlah penting untuk membuat grafik tertentu yang diperlukan oleh suatu perusahaan.

Aplikasi yang satu ini berupa lembaran kerja ataupun spreadsheet yang memiliki fitur kalkulasi yang cukup bagus utnuk membantu semua keperluan pekerjaan kantor. Excel juga merupakan salah satu aplikasi yang amat populer dan juga banyak digunakan untuk keperluan olahan data hingga manajemen data.

Baca juga: Kaspersky Internet Security

Sejarah Microsoft Excel

Sumber: https://s3.bukalapak.com/

Menurut sejarah, Excel ini berawal dari program spreadsheet yang sudah diwujudkan pada tahun 1982 yang memiliki sebutan multiplan. Program ini mulanya benar-benar populer untuk metode operasi CP/M, tapi tidak untuk MS-DOS sebab telah terdapat saingannya seperti Lotus 1-2-3. Jadi pihak microsoft telah mengembangkan aplikasi terbaru dari spreadsheet yaitu Excel ini.

Akan tetapi dikarenakan Lotus telat untuk masuk ke pasar pemograman jika dibandingkan dengan spreadsheet dari windows. Jadi pada tahun 1988 Excel sudah mulai menggeser kedudukan dari Lotus 1-2-3 di pasar spreadsheet.

Selain hal tersebut, pada tahun yang sama Microsoft telah dinobatkan sebagai perusahaan yang cukup handal untuk mengembangkan software pada komputer milik pribadi. Pun inilah yang menjadikannya sebagai kompetitor Lotus 1-2-3 dengan pengembangan yang lebih bagus lagi yang menaklukkan 1-2-3.

Microsoft telah mengembangkan Excel dengan selalu mengupgrade aplikasi satu ini setiap 2 tahun sekali. Pun di masa-masa pertama peluncurannya, Excel sendiri menjadi salah satu sasaran tuntutan dari perusahaan yang lain, terutamanya yang bergerak di sektor industri finansial sebab memasarkan sebuah software yang juga dinamakan Excel. Karena hal itulah pihak dari microsoft mengentikan tuntutan mereka dan merubah Excel menjadi Microsoft Excel.

Excel telah menawarkan fitur favorit yang berupa antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang sebelumnya. Pun, Excel sendiri termasuk software spreadsheet pertama sebab telah memperbolehkan para penggunanya dalam mendefinisikan tampilan spreadsheet yang telah disunting, seperti tampilan dari tiap-tiap selnya, format font sampai atribut atau perlengkapan karakter.

Nah, dengan perubahan nama menjadi Ms. Excel di tahun 1993 inilah alhasil pihak Microsoft melakukan desain ulang kepada tampilan antar muka bagus yang diaplikasikan oleh aplikasi Microsoft PowerPoint dan Microsoft Word dengan menyeimbangkannya dengan tampilan Microsoft Excel.

Berikut ini adalah ulasan lengkap mengenai apa yg dimaksud dengan microsoft excel?

Baca juga: Internet Banking Jateng

Apa yg Dimaksud dengan Microsoft Excel?

Apa yg Dimaksud dengan Microsoft Excel
Sumber: https://i0.wp.com/

Aplikasi yang satu ini banyak diketahui sebagai aplikasi yang menggunakan rumus-rumus ataupun formula dalam lembar kerjanya. Memiliki rumus yang tepat sasaran akan memudahkan Anda dalam membikin laporan pekerjaan dengan menerapkan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel ialah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kesanggupannya dalam mengolah data melewati perhitungan matematis yang benar-benar pelbagai fungsinya.

Pengertian dari aplikasi ini adalah aplikasi yang digunakan untuk membantu pengerjaan mengolah data dengan sistem otomatis menggunakan formula perhitungan, pengolahan data, hingga rumus. Microsoft Excell benar-benar membantu kita dalam mengatasi problem yang gampang sampai dengan yang kompleks dalam bidang administratif terutamanya. Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi pengolah angka yang telah diterbitkan oleh Microsoft Corporation.

Apa yg Dimaksud dengan Kelebihan Microsoft Excel

Apa yg Dimaksud dengan Microsoft Excel
Sumber: https://s3.bukalapak.com/

Bentuk kemampuannya untuk menampung data juga cukup besar yaitu 1 juta baris serta 16.000 kolom dalam 1 buah sheet. Jadi dalam 1 buah sheet dapat menampung hingga 1 juta responden serta 16.000 pertanyaan ataupun jawaban.

Apliaksi satu ini mempunyai format yang populer serta fleksibel dari sebagian besar sofware daya entry. Ataupun jika saja diperlukan kita dapat mengkonversi balik dari excel ke software statistik yang lainnya.

Didalam Excel ini terdapat cukup banyak program penggunaan rumus yang sangat komplit jadi dapat memudahkanmu untuk melakukan pengolahan angka yang akan manjadi dokumen yang lebih canggih.

Dengan menggunakan Pivot Tables, kita dapat bekerja dnegan lebih tepat, hal itu dikarenakan tabel summary yang sudah direncanakan dapat kita buat terlebih dahulu walaupun data yang masuk belum semuanya. Jika sudah ada data yang masuk maka otomatis pivot table akan langsing me-refresh jadi tabel akan langsung terisi sendiri.

Baca juga: Service Provider Internet

Kekurangan Microsoft Excel

Software pengolah angka ini berbayar atau tidak cuma-cuma. Aplikasi yang satu ini cukup banyak membutuhkan memory atau RAM serta CPU yang besar juga. Untuk membuat kolom baru kamu harus bisa membuat rumusnya terlebih dahulu.

Demikian ulasan lengkap mengenai apa yg dimaksud dengan microsoft excel? Beserta sejarah, kelebihan, dan juga kekurangan yang harus kamu ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat!