Apa Saja Manfaat Air Sungai

apa saja manfaat air sungai

apa saja manfaat air sungai

Apa Saja Manfaat Air Sungai – Sungai atau kali merupakan aliran air dari mata air di pegunungan (hulu) ke daerah yang lebih rendah (hilir), serta berperan penting untuk menjaga keberlangsungan hidup manusia dan makhluk hidup di bumi. Aliran air sungai merupakan sumber utama bagi tiap makhluk untuk dapat bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sudah sejak zaman dahulu sungai dimanfaatkan oleh manusia, karna memang sangat banyak sekali manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Meskipun kini banyak ditemui aliran sungai yang sudah tercemar, akibat dari pengaruh campur tangan manusia.

Oleh debab itu, menjaga kelestarian alam seperti sungai merupakan tugas bagi kita semua, sebab sungai yang masih asri bisa memberi banyak manfaat untuk kehidupan masyarakat, mulai dari meningkatkan kwalitas hidup hingga memajukan ekonomi lokal.

Lantas apa saja manfaat air sungai untuk kehidupan manusia? Untuk lebih jelasnya yuk simak beberapa manfaat sungai untuk kehidupan manusia berikut ini.

BACA JUGA : Free Fire Advance Server

Apa Saja Manfaat Air Sungai Bagi Kehidupan Manusia?

apa saja manfaat air sungai
Sumber : https://cdn.medcom.id/
1. Sebagai Mata Air Kehidupan

Manusia sepanjang hidupnya pasti akan selalu membutuhkan air, meskipun zaman akan terus berubah-ubah, tetapi air tetap akan menjadi kebutuhan pokok bagi setiap makhluk yang hidup di bumi tak terkecuali manusia.

Salah satu sumber mata air yang bisa memberi manfaat untuk kelangsungan hidup manusia merupakan air sungai. Pasalnya, air sungai turut berperan penting dalam mengakomodasi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Derasnya aliran sungai bisa diaplikasikan untuk beragam kebutuhan sehari-hari manusia, diantaranya untuk minum, mandi, mencuci dan kebutuhan lainnya.

BACA JUGA : Sebutkan Manfaat Kebugaran Jasmani

2. Sumber Daya Alam Pembangkit Listrik
Sumber : https://i0.wp.com/

Manfaat selanjutnya dari air sungai merupakan bisa diaplikasikan untuk pembangkit listrik.

Dalam hal ini air sungai akan dimanfaatkan untuk memutar kincir air (turbin) yang berguna untuk mengaktifkan generator pembangkit listrik. Sehingga hal tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu sumber daya listrik untuk menyuplai kebutuhan akan listrik yang menunjang kehidupan manusia.

Telah kita kenal bersama bahwa listrik kini sudah menjadi salah satu kebutuhan penting dan wajib ada dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, yaitu sebagai sumber penerangan, sumber gerak hingga untuk menggunakan teknologi.

Maka dari itu, sungai mempunyai peranan yang sangat penting untuk perkembangan serta kemajuan dunia.

BACA JUGA : Manfaat Perdagangan Antar Negara

3. Tempat untuk Melakukan Meditasi
apa saja manfaat air sungai
Sumber : https://s7d2.scene7.com/

Selain diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, air sungai juga bisa berfungsi sebagai tempat untuk meditasi atau sekedar merelaksasikan diri.

Pasalnya suara aliran air sungai yang bergemericik bisa memberikan efek tenang, sehingga hal ini bisa membuat seseorang menjadi nyaman, tentram dan mengurangi kepenatannya.

Hal tersebut telah dibuktikan dari sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa untuk menurunkan dan mengurangi tingkat stres yang dialami, Anda bisa coba merelaksasikan atau meditasi di pinggiran sungai.

BACA JUGA : Manfaat Energi Panas Matahari

4. Sebagai Sumber Mata Pencaharian
apa saja manfaat air sungai
Sumber : https://www.vivelanaturaleza.com/

Tak hanya untu meditasi dan sumber air minum saja, sungai juga dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat sekitarnya.

Hal ini disebabkan di sungai merupakan daerah bagi banyak sepesies ikan untuk hidup dan berkembang biak, sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan ataupun manjadikannya sebagai profesi, yaitu menjadi nelayan.

Banyaknya jenis ikan sungai yang berbagai jenis, serta belut, kerang, hingga udang yang hidup di sungai dapat dijala dan dijual ke pasaran yang kemudian nelayan tersebut akan mendapatkan untung.

BACA JUGA : Macam dan contoh media pembelajaran beserta fungsinya lengkap

5. Sarana Transportasi
Sumber : https://imgcdn.rri.co.id/

Sejak zaman nenek moyang aliran sungai sudah dikenal sebagai salah satu sarana untuk transportasi. Sungai memegang peranan teramat penting untuk menghubungkan atau memindahkan barang dan manusia dari suatu tempat ke tempat yang lainnya.

Selain itu, sungai juga dipandang sebagai salah satu sarana transportasi yang terbilang murah dan tidak memunculkan efek polusi udara maupun yang lainnya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan semakin majunya teknologi, kini tidak banyak sungai yang bisa diaplikasikan untuk sarana transportasi, hal ini karena kedalaman sungai semakin dangkal akibat banyaknya tumpukan sampah di sepanjang aliran sungai.

BACA JUGA : Jelaskan Manfaat dari Tata Krama

Nah itulah penjelasan singkat dari apa saja manfaat air sungai bagi kehidupan manusia, semoga ulasan di atas dapat membantu dan menambah wawasan kita seputar kelestarian alam.