Apa itu microblogging? dan apa sajakah kelebihannya?

Blogging, Teknologi
Apa itu Microblogging

Apa itu Microblogging

Apa itu Microblogging ? dan apa saja contoh Microblogging yang terkenal saat ini?. Microblogging adalah kombinasi dari aktivitas blogging dan pesan instan yang memungkinkan kepada pengguna untuk membuat sebuah pesan pendek yang nantinya akan diposting dan dibagikan kepada audiens secara online. Platform sosial media seperti Instagram dan Twitter telah menjadi salah satu bentuk Microblogging yang sangat populer, terutama di web seluler sehingga membuatnya jauh lebih nyaman untuk berkomunikasi dengan orang-orang dibandingkan dengan menjelajahi sebuah situs.

Pesan singkat ini dapat dikemas dalam bentuk berbagai format konten termasuk teks, gambar, video, audio, dan hyperlink. Tren ini kemudian berkembang sekitar akhir era Web 2.0 setelah media sosial dan blog tradisional bergabung untuk menciptakan cara yang lebih mudah dan lebih cepat untuk berkomunikasi dengan orang-orang secara online. Sehingga membuat mereka mendapat informasi mengenai sebuah kejadian atau informasi yang tertentu yang dibutuhkan.

Beberapa contoh Microblogging yang cukup populer

Anda mungkin sudah menggunakan situs web microblogging tanpa menyadarinya. Ternyata, postingan secara online di sosial media adalah salah satu bentu dari microblogging, mengingat bahwa begitu banyak dari kita menelusuri web dari perangkat mobile kita ketika kita sedang bepergian dan rentang perhatian kita lebih pendek dari sebelumnya. Beberapa contoh Microblogging tersebut diantaranya:

Twitter

Twitter adalah salah satu platform sosial media tertua dan paling terkenal yang ditempatkan di bawah kategori “microblogging”. Di twitter sebuah postingan dibatasi sekitar 280 karakter sehingga tidak memungkinkan bagi pengguna untuk membuat konten panjang halnya di blog. Selain membuat postingan Anda juga dapat berbagi video, tautan artikel, foto, GIF, klip suara, dan lainnya melalui Twitter.

Tumblr

Tumblr mengambil inspirasi dari Twitter tetapi memiliki keterbatasan lebih sedikit dan lebih banyak fitur. Di Tumblr sebenarnya Anda lebih leluasa utntuk memposting sebuah postingan yang panjang karena tumblr tidak membatasinya. Meskipun demikain platform ini nyatanya sebagian besar digunakan untuk membuat sebuah konten pendek atau visual seperti photoset dan GIF.

Instagram

Instagram mirip dengan sebuah jurnal foto yang akan memposting aktivitas dimanapun anda pergi. Daripada mengunggah banyak foto ke album seperti yang biasa dilakukan melalui web desktop di Facebook atau Flickr, Instagram lebih memungkinkan Anda dalam memposting satu foto pada satu waktu untuk menunjukkan di mana Anda berada dan apa yang Anda lakukan.

Vine (Sekarang Tidak Aktif)

YouTube membuat video blogging atau “vlogging” populer kembali ketika orang mulai mengunggah video biasa dari diri mereka sendiri. Menjalani hidup mereka atau berbicara mengenai apa yang menarik bagi mereka. Vine adalah perangkat seluler yang setara dengan YouTube. Sebuah platform video microblogging tempat orang dapat berbagi apa pun yang mereka inginkan dalam waktu enam detik atau kurang. Sayangnya vine mulai dihentikan pada awal 2017 kemarin.

Manfaat Microblogging versus Blogging Tradisional

Mengapa ada orang yang ingin mulai memposting di situs microblogging? Jika Anda ragu untuk melompat ke situs seperti Twitter atau Tumblr, berikut adalah beberapa alasan untuk mempertimbangkan dalam menggunakan microblogging dibandingkan dengan blogging tradisional.

Lebih sedikit Waktu untuk membuat konten

Butuh waktu untuk menulis atau menyatukan konten yang akan diposting dalam sebuah. Jadi dengan microblogging, Anda dapat memposting sesuatu yang baru yang hanya membutuhkan beberapa detik untuk menulis atau membuatnya.

Lebih sedikit dalam menghabiskan waktu

Karena microblogging adalah bentuk media sosial dan konsumsi informasi yang begitu populer di perangkat seluler, ada baiknya Anda dapat dengan cepat mendapatkan intisari dari pos dalam format yang singkat, langsung ke titik tekan sebuah informasi tanpa perlu membaca atau menonton sesuatu yang membutuhkan terlalu banyak waktu.

Peluang untuk melakukan posting lebih sering

Blogging tradisional melibatkan sebuah postingan yang lebih lama tetapi lebih jarang. Karena anda harus membuat ide tentunya dalam membuat sebuah artikel dalam ulasan yang panjang. Sementara microblogging sebaliknya (posting lebih pendek dan lebih sering). Karena Anda menghemat banyak waktu dengan berfokus hanya pada memposting potongan pendek, Anda dapat memposting lebih sering.

Cara yang lebih mudah untuk berbagi informasi yang mendesak

Sebagian besar platform microblogging dirancang agar mudah dan cepat digunakan. Dengan tweet sederhana, foto Instagram, atau posting Tumblr, Anda dapat memberi informasi kepada semua orang tentang secara cepat dan mudah tentunya.

Cara lebih mudah, dan langsung untuk berkomunikasi dengan pembaca
Selain dapat berkomunikasi lebih baik dengan postingan yang lebih sering dan lebih pendek, Anda juga dapat menggunakan platform microblogging untuk dengan mudah mendorong dan memfasilitasi lebih banyak interaksi dengan berkomentar, men-tweet, me-reblog, menyukai, dan banyak lagi.

Kenyamanan Bergerak

Last but not least, microblogging tidak akan menjadi masalah besar seperti sekarang tanpa tren yang berkembang ke arah penjelajahan web seluler. Terlalu sulit untuk menulis, berinteraksi, dan mengonsumsi posting blog yang panjang di smartphone atau tablet, itulah sebabnya microblogging sejalan dengan bentuk penelusuran web yang lebih baru ini.

Demikian ulasan mengena apa itu microblogging semoga dapat menambah wawasan Anda.