Antraknosa Pada Terong

Posted on

Hi teman-teman! Aku pengen cerita nih tentang penyakit antraknosa pada pepaya. Ngeri banget sih kalau denger namanya, tapi jangan khawatir ya kita bakal bahas dengan bahasa yang gampang dimengerti. Yuk mari kita mulai aja!

Gejala Antraknosa

Gambar Pepaya yang Terkena Antraknosa

Pertama-tama, kita bahas dulu gejalanya ya. Kalau pepaya kita terkena antraknosa, biasanya akan ada bercak-bercak coklat atau hitam di kulit buahnya. Terus nanti bercak-bercak itu akan meluas dan menjadi lebih besar. Selain itu, pepaya kita juga akan menjadi lembek dan cepat busuk. Wah, nggak banget deh kalau kita mau jualan pepaya jadi kayak gini.

Penyebab Antraknosa

Nah, kalau udah tau gejalanya, kita harus cari tahu juga dong penyebabnya. Antraknosa pada pepaya disebabkan oleh jamur yang masuk ke dalam kulit buah lewat luka atau goresan. Jadi, kalau kita panen pepaya atau mangganya, harus hati-hati ya jangan sampai terlalu banyak goresan di kulit buahnya.

Cara Mengatasi Antraknosa

Bagaimana kalau pepaya kita udah terkena antraknosa, apa yang harus kita lakukan? Tenang aja, masih bisa diselamatkan kok. Pertama-tama, pepaya yang terkena antraknosa harus dipisahkan dari yang sehat supaya nggak menyebar ke yang lain. Lalu kulit buah yang terkena antraknosa harus dipotong sekitar 2-3 cm sebelum dimakan. Nah, kalau pepayanya masih belum terlalu parah, kita bisa semprot dengan fungisida setelah dipanen dan jangan lupa juga tup sebagai penutup agar juga tidak terkena goresan. Oh iya, kalau kita panen beberapa kali isilah celengan, lalu beli larutan spraying nya di toko perlengkapan pertanian di dekat rumah kita.

Baca juga  Wortel Vektor

Cara Mencegah Antraknosa

Ternyata nggak susah kok mencegah antraknosa pada pepaya. Kita harus memastikan buah yang kita panen tidak terlalu banyak goresan atau luka, kalaupun ada segera semprot dengan fungisida. Selain itu, kita bisa memberi suntikan asam benzoat ke dalam pohon pepaya sesuai aturan, jangan sembarangan ya kita bisa merusak tanaman pepaya yang nantinya juga menjadi tempat bermain buah pepaya yang sehat dan segar.

Nah, itu dia teman-teman pengenalan singkat tentang antraknosa pada pepaya dan bagaimana cara mengatasinya. Ingat ya, kalau mau panen pepaya atau mangga, kita harus hati-hati dan jangan sampai terlalu banyak goresan atau luka, agar pepayanya tetap segar dan sehat saat dikonsumsi. Happy farming! Dapatkan informasi lebih lengkap di toko perlengkapan pertanian sekitar rumah kamu.

Temukan artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *