Antena 80m Bonsai

Posted on

Perkenalkan, saya ingin berbagi mengenai sebuah antena amatir yang banyak di gunakan para amatir radio di seluruh dunia. Antena yang saya maksudkan adalah Antena Spitfire yang ideal digunakan pada frekuensi 80 meter.

Antena Spitfire 80m

Antena Spitfire

Antena Spitfire ini pertama kali dirancang oleh Bob (K4UEE) dan Geoff (W0CG) dalam rangka membuat antena yang mudah dibuat namun memiliki kinerja yang tinggi dan stabil di frekuensi 80 meter.

Dalam desain antena Spitfire, mereka mengambil inspirasi dari antena L yang terbukti kinerjanya serta antena vertikal lainnya seperti antena Dipole Inverted-V. Desain Spitfire menyarankan memberikan ketinggian antena yang cukup serta menggunakan material yang ringan dan kuat. Hasil yang dihasilkan dari antena ini adalah daya tangkap sinyal yang sangat baik serta transmisi yang stabil.

Cara Membuat Antena Spitfire

Selanjutnya, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat Antena Spitfire dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Persiapkan material dan peralatan yang dibutuhkan seperti buku panduan, kabel coaxial RG-213, tahanan 50 Ohm, dowel kayu atau fiberglass, konektor PL259, pipa PVC, dan sekrup.
  2. Buat kumparan induktor dengan menggulung kawat enamel warna biru diatas pipa PVC yang sudah diberi tanda lilitan. Induktor sebaiknya memiliki nilai 50μH dan terdiri dari 24 lilitan.
  3. Setelah itu, pasang kumparan indektor yang sudah jadi ke tubuh antena menggunakan sekrup.
  4. Lalu persiapkan dowel kayu atau fiberglass yang berfungsi sebagai bantu tiang dengan ukuran panjang sesuai dengan ketinggian antena yang ingin dihasilkan.
  5. Setelah itu, pasang dowel kayu ke dalam pipa PVC di bagian bawah antena.
  6. Pasang konektor PL259 dan sambungkan kabel coaxial ke antena tersebut.
  7. Selanjutnya, pasang baut pada dowel kayu sehingga dapat dipasang pada baju antena.
  8. Setelah semua bahan terpasang, uji antena dengan menggunakan alat ukur dan pastikan antena telah berfungsi baik.
Baca juga  Aquascape Bonsai Dan Batu

Setelah selesai membuat antena Spitfire, Anda dapat menggunakannya untuk tujuan amatir radio Anda pada frekuensi 80 meter. Ataupun bisa digunakan sebagai proyek pembelajaran dan pengembangan teknologi saat ini.

Kesimpulan

Antena Spitfire dapat menjadi pilihan ideal bagi Anda yang ingin membangun antena dengan biaya murah namun tetap memiliki kinerja yang tinggi serta trasmisi yang stabil pada frekuensi 80 meter.

Kemudian, dari segi pengembangan teknologi, antena Spitfire juga dapat Anda gunakan sebagai proyek pembelajaran tentang teknologi radio amatir yang sangat menarik untuk di pelajari.

Demikianlah pengenalan mengenai antena Spitfire serta cara membuatnya. Semoga bermanfaat bagi para amatir radio di Indonesia. Terima kasih.

Temukan postingan lainnya tentang Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *