Anatomi Bawang Putih

Posted on

Kita semua pasti pernah belajar mengenai tumbuhan, mulai dari cara hidupnya hingga cara berkembang biaknya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan berbiji tertutup atau disebut juga dengan Angiospermae.

Tumbuhan Berbiji Tertutup

Umbi Lapis

Tumbuhan berbiji tertutup atau Angiospermae adalah jenis tumbuhan yang memiliki biji tertutup oleh bakal buah atau biasa disebut dengan ovulum. Beberapa contoh tumbuhan berbiji tertutup yang sering ditemukan di sekitar kita antara lain tanaman padi, bunga mawar, apel, dan masih banyak lagi.

Perkembangbiakan Vegetatif

Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan berbiji tertutup adalah proses perkembangbiakan yang tidak melibatkan proses perkawinan (pembuahan) antara sperma dan sel telur. Proses ini melibatkan bagian-bagian tumbuhan seperti batang, daun, akar, dan umbi untuk menghasilkan keturunan baru. Berikut adalah beberapa contoh dari perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan berbiji tertutup:

1. Stek

Stek

Stek adalah proses pemotongan cabang dari tumbuhan induk yang kemudian dipindahkan untuk dijadikan tumbuhan baru. Cabang ini kemudian ditanam pada media tanam yang sesuai. Dalam pengembangbiakan vegetatif, stek merupakan cara yang sangat umum digunakan karena mudah dilakukan dan berbiaya murah.

2. Enten

Enten

Enten adalah proses yang melibatkan penggabungan dua tumbuhan atau lebih ke dalam satu tanaman. Proses ini dilakukan dengan cara memotong bagian batang dari tumbuhan induk dan memotong batang dari tumbuhan donor. Kemudian kedua batang tersebut digabungkan dan dirapatkan menggunakan plastik untuk menutupi luka. Setelah proses penyatuan berhasil, maka tumbuhan tersebut akan menghasilkan buah dan daun yang berasal dari masing-masing induk.

Baca juga  Bawang Putih Bisa Menurunkan Darah Tinggi

3. Umbi

Umbi

Sebagian besar tumbuhan memiliki umbi sebagai cadangan makanan, misalnya ketela pohon, bawang, dan kentang. Umbi ini bisa digunakan sebagai bahan untuk perkembangbiakan vegetatif. Caranya adalah dengan memotong bagian umbi tersebut menjadi beberapa bagian dan kemudian dita nampung pada media tanam yang sesuai. Umbi tersebut akan menghasilkan tunas baru yang kemudian ditanam menjadi tanaman baru.

4. Rhizoma

Rhizoma

Rhizoma adalah batang bawah tanah yang sering kali digunakan sebagai bahan dari obat tradisional. Selain itu, rhizoma juga bisa digunakan untuk perkembangbiakan vegetatif. Caranya adalah dengan memotong bagian rhizoma menjadi beberapa bagian dan kemudian ditanam pada media tanam yang sesuai. Selanjutnya, tanaman akan menghasilkan tunas baru yang akan berkembang menjadi tanaman baru.

Kesimpulan

Perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan berbiji tertutup atau Angiospermae adalah proses perkembangbiakan yang tidak memerlukan proses perkawinan antara sel telur dan sperma. Beberapa contoh dari perkembangbiakan vegetatif tersebut adalah stek, enten, umbi, dan rhizoma. Semua cara tersebut sangat mudah dilakukan dan berbiaya murah, sehingga menjadi salah satu alternatif dari perkembangbiakan generatif.

Dalam dunia pertanian, perkembangbiakan vegetatif memiliki peran yang sangat penting. Proses ini bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan cepat, sehingga mampu meningkatkan produksi tanaman dalam waktu yang singkat. Selain itu, perkembangbiakan vegetatif juga merupakan salah satu cara untuk menghasilkan tanaman yang seragam, sehingga memudahkan dalam pengelolaannya.

Temukan tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *