Analisis Sumber Daya Manusia Yang Diperlukan Untuk Membuat Abon Jamur

Posted on

Hayoo siapa yang suka melototin layar handphone atau laptopnya seharian? Ah, kalian pastinya yaa makhluk yang baru lahir dari rahim ibunya, alias newbie!
Nggak apa-apa sih, memang lumrah manusia awam masih ngototin dirinya mencari jalan menuju pemahaman teknologi yang lebih mendalam. Banyak tanpa sadar kita membuka banyak kesempatan dalam meningkatkan diri menjadi pribadi yang lebih tangguh dan berpengetahuan luas.

ANALISIS PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Analisis PengembanganSDM

“Sumber Daya Manusia”, yes, itulah istilah yang akan kita jelajahi. Istilah atau bahasa kerennya ya HR, Human Resource. Yup, manusia sebagai penggerak utama yang harus mendapat perhatian dalam kemeriahan sebuah perusahaan.
Dan kita datang membawa kabar sedikit unik nih, yakni analisis pengembangan sumber daya manusia. Ini nih yang penting banget buat kamu para penggiat dunia kerja.

Analisis pengembangan sumber daya manusia ini mengarah kepada hal-hal yang berfungsi untuk memperkaya kehidupan insan atau pekerja atau mudahnya, pegawai perusahaan. Pembangunan SDM diharapkan dapat menghasilkan pegawai yang lebih produktif, memiliki kemampuan, kesehatan dan keamanan, kepuasan dalam pekerjaan, kemajuan karir, dan formulasi perencanaan kepegawaian yang baik.

Nah, salah satu bentuk analisis perencanaan SDM ini dengan cara membuat suatu program pengembangan pegawai yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Program pengembangan pegawai ini pun memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Mendorong kreativitas dan pengembangan diri pegawai
  • Menjaga dan meningkatkan kualitas SDM perusahaan
  • Menciptakan rasa kepercayaan dan keterkaitan pegawai terhadap perusahaan
  • Memperbesar peluang dalam meningkatkan karir pegawai di dalam perusahaan

Ada banyak metode pengembangan pegawai yang dapat dilakukan oleh suatu perusahaan, diantaranya:

  1. On-the-Job Training
  2. Off-the-Job Training
  3. Kelas dan Seminar
Baca juga  Tole Tole Kaldu Jamur

On-the-Job Training

On-the-Job punya arti belajar sambil bekerja. Nah selama proses kerja sehari-hari, pegawai dapat belajar langsung dari kesalahan-kesalahan yang dialami, atau juga bisa dengan cara mentoring (belajar dengan cara mengikuti contoh orang berpengalaman yang ada disampingnya).

Off-the-Job Training

Off-the-Job punya arti belajar diluar pekerjaan. Jenis training ini biasanya diberikan ketika pegawai memiliki teknis pekerjaan yang complex dan memerlukan pelatihan yang lebih intensif.

Kelas dan Seminar

Kelas dan seminar ini dilakukan dengan cara menghadirkan seorang pengajar yang sudah ahli dalam bidang tertentu untuk memberikan wawasan baru dan pendidikan yang lebih detail tentang bidang yang sedang ditekuni.

Jika program pengembangan pegawai ini berjalan dengan efektif, maka perusahaan akan mendapatkan pegawai yang bertanggung jawab, produktif, dan cepat dalam memecahkan masalah. Selain itu, program pengembangan ini juga dapat meningkatkan loyalitas pegawai pada perusahaan, karena pegawai merasa dipercayakan dan dilibatkan dalam perjalanan perusahaan.

Well, begitulah rangkaian analisis pengembangan sumber daya manusia. Ternyata SDM juga sama pentingnya dengan aset perusahaan lainnya yee.. So, bagi kamu yang ingin memperkaya wawasan terhadap dunia kerja, semoga artikel sederhana ini dapat membawa masukan dan tambahan pengetahuan baru.

Baca artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *