Alergi Bawang Putih Pada Tangan

Posted on

Detergen adalah suatu jenis bahan pembersih yang biasa digunakan untuk mencuci pakaian. Namun, ada beberapa orang yang mengalami alergi pada tangan akibat terpapar detergen. Gejala yang biasa muncul akibat alergi detergen pada tangan antara lain ruam, kulit kering, dan gatal-gatal. Bagi Anda yang mengalami alergi detergen pada tangan, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Cuci Tangan dengan Air Dingin

Cuci tangan

Saat tangan mengalami alergi detergen, sebaiknya cuci tangan dengan air dingin. Menggunakan air dingin dapat membantu meredakan gejala alergi seperti gatal-gatal dan pembengkakan pada tangan. Selain itu, pastikan Anda menggunakan sabun yang tidak mengandung detergen agar tidak memperparah kondisi tangan Anda.

Pakai Sarung Tangan saat Mencuci Pakaian

Sarung tangan

Jika Anda sering mengalami alergi detergen pada tangan saat mencuci pakaian, sebaiknya gunakan sarung tangan. Sarung tangan akan melindungi tangan Anda dari paparan detergen yang dapat memicu alergi. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan yang nyaman dan tidak mudah robek agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Beralih ke Deterjen Ramah Lingkungan

Deterjen ramah lingkungan

Jika Anda mengalami alergi detergen pada tangan, cobalah untuk beralih ke deterjen ramah lingkungan. Deterjen ramah lingkungan tidak mengandung bahan kimia yang dapat memicu alergi pada tangan. Selain itu, deterjen ini juga lebih ramah lingkungan dan dapat mengurangi dampak buruk bagi lingkungan.

Konsultasi dengan Dokter Kulit

Dokter kulit

Jika gejala alergi detergen pada tangan terus berlanjut dan semakin parah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter kulit. Dokter kulit akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi tangan Anda. Beberapa pengobatan yang biasa diberikan oleh dokter kulit antara lain penggunaan krim atau salep yang mengandung kortikosteroid, obat antialergi, atau terapi cahaya.

Baca juga  Mentimun Warung

Demikian beberapa cara untuk mengatasi alergi detergen pada tangan. Selain menerapkan cara-cara di atas, pastikan Anda juga selalu menjaga kebersihan tangan dengan menyikat kuku dan memotong kuku secara rutin. Dengan menjaga kebersihan tangan, Anda dapat mencegah tangan terpapar bakteri dan kotoran yang dapat memicu alergi.

Simak tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *