Alat Pemipil Jagung

Posted on

Pertanian adalah sektor yang sangat penting bagi kehidupan kita. Tanaman pangan seperti padi dan jagung merupakan salah satu sumber makanan utama bagi mayoritas penduduk di Indonesia. Dalam proses panen, mesin perontok jagung dan padi menjadi alat yang sangat dibutuhkan. Mesin ini membantu petani dalam memisahkan gabah atau butiran jagung dari cangkangnya.

Gambar Mesin Perontok Padi

Mesin Perontok Padi

Meskipun banyak mesin perontok jagung dan padi yang tersedia di pasar, tapi harganya terbilang cukup mahal dan belum tentu terjangkau oleh semua petani. Untuk itu, kita bisa mencoba membuat mesin perontok jagung dan padi sendiri, dengan harga yang jauh lebih murah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat mesin perontok jagung dan padi sederhana:

Siput Konveyor

Siput Konveyor

1. Pertama, buatlah sebuah pin untuk poros pemisah mesin perontok. Pin ini nantinya akan berguna untuk menggerakkan mesin perontok jagung dan padi. Gunakan bahan besi atau baja yang tebal dan kuat, dan ukurannya sekitar 2-3 meter. Buatlah lubang pada ujung pin, kemudian masukan rod setelahnya. Setelah itu, pasangkan beban pada rod, seperti besi atau benda berat lainnya. Beban ini berguna untuk menggerakkan pin, sehingga mesin perontok bisa berputar.

2. Setelah pin selesai, buatlah sebuah rangka untuk mesin perontok jagung dan padi. Rangka ini nantinya akan menjadi tempat mesin perontok dipasang. Gunakan bahan pipa baja untuk membuat rangka ini, dan sesuaikan ukurannya dengan panjang pin. Setelah rangka selesai dibuat, pasang pin pada bagian tengah rangka.

3. Selanjutnya, siapkan sebuah siput konveyor. Siput konveyor ini berguna untuk memindahkan jagung yang sudah dipisahkan oleh mesin perontok. Untuk membuat siput konveyor, gunakan bahan pipa baja atau besi yang berkualitas baik. Bentuklah pipa tersebut menjadi seperti tubuh siput, kemudian tambahkan ribuan helix untuk memudahkan pengangkutan jagung atau gabah.

Baca juga  Benih Jagung Tahan Air

4. Pasanglah mesin perontok jagung dan padi pada rangka yang sudah dibuat sebelumnya. Setelah itu, pasanglah siput konveyor pada bagian bawah mesin perontok. Pastikan bahwa posisi siput konveyor tepat berada di bawah mesin perontok, sehingga jagung yang sudah terpisah bisa langsung masuk ke dalam siput konveyor.

5. Terakhir, pasanglah motor pada poros mesin perontok dan siput konveyor. Motor ini berguna untuk menggerakkan mesin perontok dan siput konveyor agar bisa berfungsi dengan baik. Pasangkan juga roda yang berguna untuk memudahkan pergerakan mesin perontok dan siput konveyor.

Dengan menggunakan mesin perontok jagung dan padi sederhana ini, petani bisa menghemat banyak biaya. Mesin ini juga bisa dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko bangunan atau bengkel las terdekat. Dengan demikian, meskipun tidak memiliki dana yang cukup, petani masih bisa mendapatkan mesin perontok jagung dan padi yang handal dan efektif dalam proses panen.

Kesimpulan

Mesin perontok jagung dan padi merupakan alat yang sangat penting dalam proses panen di tanah air. Meskipun terdapat banyak mesin perontok jagung dan padi di pasaran, namun harganya terbilang cukup mahal dan belum tentu terjangkau oleh semua petani. Oleh karena itu, kita bisa mencoba untuk membuat mesin perontok jagung dan padi sendiri, dengan harga yang jauh lebih murah. Mesin ini dapat dibuat menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko bangunan atau bengkel las terdekat. Dengan mesin perontok jagung dan padi sederhana ini, petani bisa menghemat banyak biaya dan proses panen bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Baca postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Baca juga  Cara Mengeringkan Jagung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *