manfaat ikan lele

6 Manfaat ikan lele untuk kesehatan anda

Kesehatan
manfaat ikan lele
image from postimg.org

Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang sangat mudah sekali dibudidayakan di Indonesia. Ikan lele memiliki harga yang cukup terjangkau tetapi kandungan nutrisi yang dimilikinya cukup padat untuk diperhitungkan. Salah satu kandungan nutrisi yang paling banyak dimiliki oleh ikan lele adalah protein. Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting untuk membangun jaringan otot sehingga memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut sangat baik untuk menunjang pertumbuhan terutama bagi anak-anak. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai manfaat ikan lele untuk kesehatan Mari simak ulasannya berikut ini:

1. Mengandung tinggi fosfor

Manfaat ikan lele untuk kesehatan yang pertama didapat karena kandungan fosfor yang dimilikinya. Kandungan fosfor pada ikan lele mencapai 168 mg/100 gram. Jumlah ini lebih tinggi dibandigkan telur yang hanya mengandung sekitar 100 mg fosfor dalam 100 gram nya. Fosfor sangat dibutuhkan tubuh untuk memberi kekuatan pada tulang, meningkatkan energi dalam lemak, ekstrak metabolisme, dan menjadi pendukung kesehatan gigi. Selain itu, fosfor juga sangat dibutuhkan dalam membantu sintesis DNA dan penyerapan kalsium.
Tidak berhenti sampai disitu, seorang wanita hamil juga membutuhkan fosfor dalam rangka menunjang pertumbuhan tulang pada janin. Kekurangan indeks fosfor pada ibu hamil akan membuat janin mengambil fosfor dari sang Ibu, sehingga hal ini bisa menyebabkan osteoporosis.

2. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular

Perbandingan antara kalium dan sodium yang dimiliki ikan lele mencapai 24 banding 1. Hal ini menunjukkan bahwa Ikan lele sangat baik sekali untuk meningkatkan sistem kardiovaskular. Salah satu ciri makanan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung adalah memiliki perbandingan 5 banding 1 antara kalium dan sodium. Dan ikan lele tampaknya menjadi salah satu makanan sehat tersebut.

Beberapa manfaat kalium diantaranya: membantu mengendalikan tekanan darah, membersihkan CO2 dalam darah, sebagai pemicu Ganglion dan fungsi otot, dan mengatur keseimbangan kadar mineral dalam tubuh.

3. Mengandung tinggi omega 3

Omega 3 sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan otak pada janin. Omega 3 sangat penting dalam membantu pertumbuhan penglihatan mata dan saraf pada bayi sehingga memenuhi kebutuhan omega 3 pada masa kehamilan sangat penting sekali. Jadi, bagi ibu hamil tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi ikan lele secara rutin dalam rangkan meningkatkan asupan omega 3.

4. Sumber vitamin B12

Mengkonsumsi ikan lele artinya anda telah memenuhi 40% kebutuhan vitamin B12 harian Anda. Vitamin B12 pada ikan lele bermanfaat membantu tubuh dalam memecah makanan menjadi energi yang dapat digunakan untuk beraktivitas. Selain fungsinya tersebut vitamin B12 dalam ikan lele juga sangat berguna untuk meningkatkan fungsi saraf.

5. Rendah kalori

3 ons ikan lele hanya mengandung 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Rendahnya jumlah kalori yang dimiliki ikan lele menjadikannya salah satu sumber protein yang ramah terutama bagi Anda yang mencoba untuk menjalani diet sehat. Secara umum wanita membutuhkan sekitar 300 sampai 500 kalori per makanan dan pria membutuhkan sekitar 400 sampai 600 kalori. Sehingga mengkonsumsi ikan lele bisa membantu Anda menekan jumlah kalori dari makanan yang anda konsumsi. Kandungan lemak yang relatif rendah dalam ikan lele juga mengindikasikan nya sebagai salah satu protein sehat yang bisa anda konsumsi sebagai pengganti daging.

6. Mengandung protein yang mudah dicerna

Manfaat ikan lele untuk kesehatan yang terakhir adalah mengandung protein yang mudah dicerna. Kandungan protein dalam ikan lele tergolong sebagai protein yang mudah dicerna sehingga sangat aman sekali untuk sistem pencernaan. Seperti yang kita ketahui bahwa makanan yang mengandung tinggi protein seperti daging pada umumnya akan memperberat sistem pencernaan sehingga dapat mengakibatkan sembelit. Jadi ikan lele bisa dijadikan sebagai sumber alternatif protein yang sangat baik pengganti daging.