biji kopi asli

4 Kopi Robusta Asli Indonesia Yang Banyak Digemari

Posted on

Biji Robusta merupakan biji kopi yang kuat dan pahit, juga digunakan pada berbagai jenis espresso. Bagi Anda yang menyukai kopi yang sangat kental, robusta bisa menjadi kopi pilihan. Indonesia memiliki beragam wilayah penghasil kopi robusta. Berikut beberapa jenis kopi yang cukup banyak digemari.

4 Kopi Robusta Asli Indonesia

4 Kopi Robusta Asli Indonesia Yang Banyak Digemari

Kopi Robusta Dampit Malang

Malang tepatnya kabupaten Dampit merupakan salah satu desa/kota penghasil biji kopi asli robusta terbaik di Indonesia.

Waduk Pit telah lama digunakan sebagai pusat pengepulan komoditas pertanian dari berbagai kecamatan di Malang Selatan. Pemerintah Hindia Belanda pertama kali membuka pusat pengepulan tersebut untuk memperlancar sistem perdagangan saat itu.

Perkebunan biji kopi Robusta Dhampit terletak di kaki Gunung Semeru, bagian dari Dataran Tinggi Tengah. Ketinggiannya berada 900 meter di atas permukaan laut yang mana menjadi salah satu cara untuk menanam kopi unggulan. Di luar negeri, khususnya di Eropa, kopi dumpit khususnya kopi Robusta sangat digemari. Kopi robusta berbahan dasar dumpit dinilai sangat beraroma.

Kopi Robusta Jawa

Kopi Robusta satu ini juga dikenal sebagai Java Mocha. Istilah tersebut memiliki arti yang sangat berbeda dalam industri kopi: Mocha adalah pelabuhan Yaman di ujung selatan Laut Merah, dan Java adalah sebuah pulau di Indonesia

Keduanya dikenal sebagai penghasil biji kopi. Pada akhir 1800-an, para petani dari kedua wilayah tersebut memunculkan ide untuk memadukan dua jenis biji kopi yang menciptakan rasa baru dan unik yang selaras.
Kopi Robusta Jawa ini terkenal dengan citra rasanya yang  chocolate cake, sweet tobacco, clean, dan full body.

Baca juga  Perbedaan Lamtoro Dan Mlanding

Kopi Robusta Flores

Seperti namanya, kopi Robusta jenis ini berasal dari Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT). NTT dikenal sebagai penghasil kopi Arabika dan Robusta berkualitas tinggi. Flores terkenal dengan biji kopi asli arabika berkualitas tinggi yang dikenal dengan kopi Flores, namun kopi Flores Robusta juga berusaha untuk berkembang, dengan produksi mencapai 90% dibandingkan kopi arabika.

Daerah penghasil kopi utama di Flores adalah Ngada dan sekitarnya seperti Manggarai, Manggarai Timur dan Ende. Kopi Flores Robusta sebagian besar diproduksi di Ende. Kopi Robusta Flores mempunyai rasa yang wheat, nutty, cereal dan good body.

Kopi Robusta Lampung

Berdasarkan perkembangan wilayah, salah satu sentra produksi biji kopi asli Robusta berada di wilayah Lampung. Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi Robusta terbesar kedua di Indonesia setelah Sumatera Selatan. Sentra Produksi Kopi Robusta Lampung berlokasi di kabupaten Lampung Barat, Tangamus, Lampung Utara dan Way Kanan.

Jenis kopi Robusta Lampung ini memiliki kepahitan yang unik dibandingkan dengan kopi Robusta lainnya. Lampung memiliki total luas kopi Robusta 161.162 ha dan produksi yang mencapai 133.243 ton.