19 manfaat bunga telang

19 Manfaat Bunga Telang yang Tidak Boleh Anda Lewatkan. Yuk Intip!

Posted on

19 manfaat bunga telang

19 Manfaat Bunga Telang – Diketahui juga dengan nama Asian pigeonwings atau butterfly pea flower, bunga talang memiliki warna biru mempesona yang bisa membuat taman menjadi lebih hidup dan cantik. Tanaman rambat ini juga populer karena mudah ditanam. ivermectin work 2 weeks

Bunga telang atau kembang telang memiliki banyak julukan. Kerap diketahui dengan nama Asian pigeonwings, bluebellvine, blue pea ataupun butterfly pea flower. Tanaman bunga telang ini bisa tumbuh dan merambat dengan cepat, serta berumur pendek.

Warna biru yang diciptakan bunga telang jika diseduh sebagai minuman, berasal dari zat antioksidan bernama anthocyanins. Warnanya yang cantik seringkali dimanfaatkan untuk diolah sebagai pewarna makanan alami dan menyehatkan. Walaupun dijuluki sebagai butterfly pea flower, bunga telang jarang dihinggapi kupu-kupu.

Nama tersebut berasal dari wujud mekarnya bunga yang nampak seperti sayap kupu-kupu. Di balik tampilannya yang mempesona, kembang telang menaruh khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Bunga telang ini banyak dikonsumsi sebagai ramuan minuman teh bunga telang yang nikmat.

Terdapat 19 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Tubuh, Lalu Apa Saja Manfaatnya!

Tanaman dengan nama latin Clitoria ternatea ini memiliki banyak sisi menarik yang bisa dibahas. Tetapi, yang paling menjadi sorotan tentu adalah manfaat melimpah yang terkandung di dalamnya. Mulai dari khasiatnya untuk mata, baik untuk otak sampai sehatkan jantung.

Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai 19 manfaat bunga telang yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

19 manfaat bunga telang

Sumber: https://doktersehat.com

1. Menjaga Kesehatan Mata

Proanthocyanidin adalah kandungan antioksidan yang dimiliki bunga telang. Kandungan tersebut berfungsi untukmengobati glaukoma, meningkatkan aliran darah pada kapiler mata, kerusakan retina,  mengatasi penglihatan kabur dan mengatasi mata lelah.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Dalam bunga telang ini mengandung bioflavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus mengurangi uban prematur secara alami.

3. Memperbaiki Kesehatan Kulit

Bunga telang mengandung antioksidan tinggi yang akan menstimulus sintesis kolagen dan juga elastin yang akan meremajakan kulit. Hal tersebut sebagai solusi kecantikan kulit sekaligus mengurangi keriput dan beragam tanda penuaan dini seperti garis halus, flek atau bintik hitam dan juga kerutan.

4. Mengatasi Masalah Kewanitaan

Bunga telang seringkali diaplikasikan sebagai afrodisiak yang akan membangkitkan gairah seksual. Selain itu, bunga ini juga sangat baik diaplikasikan wanita untuk mengatasi permasalahan menstruasi ataupun keputihan.

5. Sumber Antioksidan

Flavonoid, antosianin dan juga senyawa fenolik yang akan meningkatkan aktivitas antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif yang disebabkan karena penyakit serta paparan radikal bebas.

6. Sumber Antiinflamasi

Flavonod yang terkandung pada bunga telang serupa dengan yang terkandung pada hampir di seluruh buah dan sayur. Kandungan ini merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat untuk anti inflamasi dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Bunga ini juga bisa diaplikasikan sebagai obat alami yang berfungsi sebagai ekspektoran sekaligus mengatasi iritasi organ pernafasan. Bunga telang ini bisa mengatasi beberapa gangguan pernafasan diantaranya adalah flu, solusi batuk dan juga asma.

19 manfaat bunga telang

Sumber: https://seruni.id

8. Anti HIV dan Anti Kanker

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, sikloidida yang terkandung pada bunga telang menunjukkan efek anti HIV. Selain itu, bunga telang juga bisa dikonsumsi sebagai solusi kanker alami, karena akan membunuh sel kanker yang mengganggu integritas membran sel.

9. Mengatasi Kerontokan Rambut

Bunga telang telah diaplikasikan oleh masyarakat Thailand cukup lama sebagai pengobatan kerontokkan untuk pria dan juga mengatasi uban prematur. Salah satu kandungan utamaanthocyanin dalam bunga talang akan memperlancar aliran darah di kulit kepala sehingga folikel rambut bisa semakin kuat.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

Ternyata bunga telang memiliki fungsi yang sama kuatnya dengan beberapa obat seperti gemfribozil. Fungsi tersebut yaitu ampuh untuk menekan trigliserida dan kolesterol tinggi. Hal tersebut ditunjukkan salam sebuah penelitian mengenai hiperlipidemia karena induksi.

Bagian yang paling ampuh untuk mengurangi kolesterol sempurna adalah bagian akar sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh.

11. Menyembuhkan Hipertensi

Sebagai pengobatan tradisional, bunga telang juga seringkali diaplikasikan untuk diuretik yang bisa meningkatkan kencing, dan menurunkan berat badan, serta mengurangi permasalahan darah sehingga baik untuk menurunkan hipertensi.

12. Mengatasi Demam

Demam dapat diturunkan dengan bunga telang karena memiliki sifat anti piretik, yaitu dengan cara melebarkan pembuluh darah di bawah lapisan kulit. Demam akan lebih cepat diturunkan dengan semakin meningkatnya aliran darah.

13. Sebagai Makanan Tradisional

Di wilayah Asia Tenggara terpenting Thailand, bunga telang akan diperas dan diambil ekstraknya serta dicampur dengan santan. Setelah itu akan dijadikan sebagai bahan dasar makanan penutup Thailand adalah Nam dok anchan. Hidangan adalah sejenis minuman menyegarkan serta ditambahkan dengan campuran madu serta sirup gula. where to buy ivermectin for humans in malaysia

Selain itu bunga telang juga dimanfaatkan sebagai camilan sehat. Cara mengolahnya yaitu dicelup dalam adonan dan digoreng. can horse ivermectin be used on rabbits Walaupun di Malaysia, bunga telang ditambahkan ke dalam nasi yang diketahui dengan nama nasi kerabu.

Sumber: https://www.99.co

14. Mengatasi Demensia

Dari beberapa penelitian juga menunjukkan jika bunga telang bisa meningkatkan kemampuan menghapal pada tikus sehingga bisa diaplikasikan pada manusia untuk mengobati demensia.

15. Menyembuhkan Sakit Kepala

Anda bisa memakai bunga telang ini sebagai pengganti obat sakit kepala komersil, yaitu sebagai obat alami untuk menyembuhkan sakit kepala yang telah terbukti khasiatnya.

16. Mengobati Gigitan Serangga

Bunga telang ternyata secara alami bisa mengatasi gigitan serangga bahkan ular beracun sekalipun. Ekstrak bunga telang bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama terhadap gigitan serangga atau hewan beracun sebelum dibawa menuju rumah sakit.

17. Mengatasi Sakit Telinga

Khasiat berikutnya dari bunga telang adalah untuk mengatasi sakit kuping. Untuk cara penerapannya juga cukup mudah adalah dengan mengoleskan ekstrak dari bunga telang yang telah dicampur dengan garam pada kuping. Lakukan cara ini secara teratur sampai sakit kuping bisa disembuhkan.

18. Menyembuhkan Bernanah

Bernanah atau nanah yang terjadi pada permukaan kulit juga bisa diatasi dengan bunga telang. Caranya adalah bunga telang bersama gula jawa dihaluskan, kemudian secara teratur dibalurkan pada nanah.

19. Antimikroba

Dalam sebuah studi juga menandakan jika ekstrak bunga telang memiliki aktivitas anti mikroba yang bisa melindungi tubuh dari beragam penyakit yang disebabkan karena pseudomonas aeruginosa, escherichia coli dan juga klebsiella pneumonia.

Ternyata bunga telang adalah tanaman liar yang mengandung banyak sekali gizi. Salah satu kandungan yang penting yaitu antioksidannya yang sangat baik untuk mengatasi beragam penyakit berbahaya, menjaga kesehatan kulit dan rambut. Caranya hanya dengan minum atau mengonsumsi ekstrak bunga telang secara teratur.

Baca Juga: Manfaat Daun Tapak Liman yang Jarang Diketahui. Yuk, Simak Ulasannya!

Baca juga  Manfaat Infus Water Lemon untuk Kesehatan Tubuh. Anda Wajib Baca!