10 Fungsi dan manfaat vitamin B7 untuk kesehatan

Nutrisi
manfaat vitamin B7
image from www.well-beingsecrets.com

Mungkin banyak dari kita yang belum terlalu mengetahui mengenai manfaat vitamin B7 untuk kesehatan karena vitamin ini mungkin tidak begitu terkenal. Padahal tanpa kita sadari vitamin B7 ternyata memainkan banyak peran penting di dalam tubuh. Bahkan banyak masalah kesehatan yang bisa timbul akibat kurangnya asupan vitamin B7 dari makanan atau suplemen. Beberapa fungsi dan manfaat biotin yang terbukti dalam penelitian diantaranya adalah menjaga kestabilan DNA, meningkatkan fungsi neorologi, meningkatkan kesehatan kulit, rambut, dan kuku serta menjaga kadar gula darah tetap stabil. Selengkapnya mengenai manfaat vitamin B7 untuk kesehatan bisa anda baca dalam ulasan berikut ini:

1. Membantu mengatasi penurunan kognitif

Vitamin B7 telah terbukti dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kognitif seperti alzheimer. Vitamin B7 diperlukan untuk pembentukan selubung mielin yang merupakan substansi lemak yang digunakan untuk mengelilingi saraf sekaligus membantu memfasilitasi konduksi impuls mereka. Karena vitamin B7 dapat secara efektif dalam sintesis asam lemak dan produksi energi membuat para dokter dan ilmuwan berpikir bahwa vitamin B7 bisa dimanfaatkan untuk membantu membalik atau membatasi gangguan terkait sklerosis.

2. Membangun otot dan jaringan

Vitamin B7 telah terbukti dapat membantu memperbaiki dan membangun otot sekaligus menumbuhkan jaringan yang kuat di dalam tubuh. Oleh sebab itu bagi anda yang memiliki aktivitas padat seperti atlet sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin B7 dalam rangka membantu menjaga otot agar tidak mudah rusak. Peradangan pada persendian dan otot merupakan salah satu penyebab terbesar nyeri otot dan sulitnya dalam gerakan.

3. Membantu meringankan peradangan

Manfaat vitamin B7 untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu mengurangi peradangan. Menurut penelitian yang dilakukan pada sel darah putih manusia menunjukkan bahwa kekurangan vitamin B7 dapat memperburuk berbagai kondisi peradangan. Jika dibalik hal ini menunjukkan bahwa diantara manfaat vitamin B7 adalah membantu mengatasi atau meringankan peradangan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin B7 atau biotin telah terbukti dapat meningkatkan perkembangan sel darah putih pada orang dewasa dan bayi. Sel darah putih merupakan salah satu komponen penting untuk melawan infeksi. Vitamin B7 berguna membantu meningkatkan produksi sitokin th1 yang sangat penting dalam melawan infeksi, virus, dan juga bakteri. Jadi kekurangan vitamin B7 dapat membuat penurunan laju proliferasi seluler.

5. Membantu menjaga kesehatan kuku, rambut, dan kulit

Vitamin B7 sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk memelihara jaringan seperti kuku, kulit, dan rambut agar tetap sehat. Sehingga kekurangan vitamin B7 akan membuat seseorang rentan mengalami masalah seperti kulit kering, iritasi, rambut yang rapuh, atau penipisan kuku. Karena manfaat vitamin B7 tersebut maka tidak heran jika vitamin ini sering sekali dimasukkan dalam berbagai macam produk kecantikan.

6. Membantu meningkatkan metabolisme

Vitamin B7 telah dikaitkan dengan kemampuannya untuk melaksanakan berbagai macam fungsi metabolisme. Seperti halnya vitamin B kompleks lainnya vitamin B7 diperlukan untuk mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang dapat digunakan untuk beraktivitas. Selain itu vitamin B7 juga dapat mengaktifkan asam lemak dari makanan yang mengandung banyak lemak seperti lemak hewan dan minyak.

7. Membantu mencegah diabetes tipe 2

Diketahui bahwa kombinasi antara vitamin B7 dengan kromium dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini sangat penting terutama untuk mencegah penyakit diabetes tipe 2 yang umumnya sangat sulit dikendalikan. Manfaat vitamin B7 untuk mencegah diabetes bisa terjadi karena vitamin ini ternyata dapat mengurangi enzim yang diproduksi oleh hati. Hal ini pada gilirannya akan membantu menjaga jumlah gula yang dilepaskan ke dalam aliran darah.

8. Mencegah cacat pada bayi

Saat janin di dalam kandungan sedang tumbuh maka seorang ibu hamil membutuhkan asupan vitamin B7 lebih banyak daripada biasanya. Meskipun hasil penelitian mengenai kemampuan vitamin B7 tersebut belum terbukti akan tetapi penelitian setidaknya menunjukkan bahwa kurangnya asupan biotin atau vitamin B7 dapat menunda atau bahkan menghentikan pertumbuhan langit-langit embrionik. Hal inilah yang diyakini akan meningkatkan resiko cacat pada bayi.

9. Mengurangi resiko penyakit jantung

Memiliki metabolisme yang normal sangat penting sekali untuk membantu menjaga pembuluh darah agar tetap sehat yang pada gilirannya akan berefek pada kesehatan jantung. Bagi anda yang memiliki resiko tinggi terkena penyakit jantung sebaiknya tingkatkan asupan vitamin B7 karena vitamin ini diketahui dapat membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik. HDL berguna mengurangi LDL atau kolesterol buruk yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

10. Membantu fungsi tiroid dan adrenal

Manfaat vitamin B7 untuk kesehatan yang terakhir adalah membantu meningkatkan fungsi tiroid dan adrenal. Vitamin B7 terbukti efektif dalam melawan penyakit seperti kelelahan adrenal dan membantu mempromosikan aktivitas steroid yang tepat. Kelenjar tiroid dan adrenal digolongkan sebagai kelenjar master. Dimana diantara tugasnya adalah mengatur keadaan tubuh seperti persepsi rasa sakit, tidur, energi, suasana hati dan rasa lapar.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat vitamin B7 untuk kesehatan semoga bisa berguna bagi para pembaca.