Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Posted on

penyebab ac mobil tidak dingin

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin – Apakah Anda pernah mengalami AC mobil yang tiba-tiba menjadi tidak dingin? Adanya sistem pendingin atau AC (Air Conditioneradalah salah satu kenyamanan yang ditawarkan dalam mengendarai sebuah mobil.

Kabin akan terasa sejuk apabila AC mobil bekerja dengan baik. Hal tersebut pastinya sangat berharga bagi pengendara ketika akan berpergian di siang hari yang panas. Namun, apa jadinya jika AC mobil tiba-tiba menjadi tidak dingin? Tentunya hal ini akan mengganggu kenyamanan penumpang dan pengemudinya.

Bahkan, beberapa pengguna mobil pernah mengalami AC mobil yang malah mengeluarkan suhu panas. Sehingga, hal tersebut menyebabkan ruang dalam kabin terasa sumpek serta tidak nyaman. Hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin sebenarnya bukan hanya dikarenakan masalah freon saja, lho.

Namun, terdapat masalah-masalah lainnya juga yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Lalu apa saja penyebabnya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai penyebab AC mobil tidak dingin yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Perlu Anda Ketahui!

penyebab ac mobil tidak dingin

Sumber: https://www.medcom.id

1. Freon Habis atau Kurang

Freon yang habis atau kurang adalah penyebab utama AC mobil tidak dingin. Hal tersebut biasanya terjadi karena kebocoran freon yang biasa terjadi pada sambungan saft, pipa dan relief valve pada kompresor.

penyebab ac mobil tidak dingin

Sumber: https://www.gridoto.com

2. Fanbelt/Drivebelt Putus

Fanbelt berguna untuk menyalurkan putaran mesin pada kompresor. Sehingga, pada saat fanbelt putus akan mengakibatkan kompresor tidak berputar. Akibatnya yaitu kompresor yang tidak bekerja mengakibatkan freon tidak bisa bersirkulasi, kabin mobil pun akan menjadi panas.

Baca Juga: Fungsi Remot AC Sharp

Sumber: https://www.gridoto.com

3. Kondensor Kotor

Penyebab kondesor tidak bekerja dengan maksimal untuk membuang panas dari gas bertekanan tinggi yang dilepas kompresor yaitu kotor atau berkaratnya kondensor AC. Sehingga, hal tersebut menyebabkan proses kondensasi tidak maksimal dan menyebabkan AC mobil tidak dingin.

penyebab ac mobil tidak dingin

Sumber: https://cintamobil.com

4. Motor Extrafan Mati

Extrafan bermanfaat dalam proses kondensasi pada kondensor. Sehingga, ketika extrafan mati atau berputar dengan lemah akan menyebabkan AC mobil tidak dingin, karena proses kondensasi tidak berlangsung dengan baik.

Cara untuk mengecek extrafan cukup mudah, yaitu dengan mengecek extrafan di depan kondensor apakah berputar atau tidak ketika mobil dinyalakan.

Baca Juga: Cara Mematikan Timer AC Daikin

penyebab ac mobil tidak dingin

Sumber: https://www.medcom.id

5. Magnetic Clutch Rusak

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya yaitu ketika Magnetic Clutch rusak, putus, terbakarnya spul sehingga center piece tidak terhubung dengan puli kompresor. Anda bisa mengecek masalah ini dengan melihat kompresor AC tidak bekerja namun fanbelt tetap bekerja.

Sumber: https://arrisac.com

6. Kompresor Aus

Kompresor AC mobil yang duah aus dan jebol adalah penyebab AC mobil tidak dingin selanjutnya. Seandainya Sight Glass terlihat hitam, maka bisa dipastikan terdapat masalah pada Expansion Valve dan Receiver Dryer. Selain itu, salah satu tanda kompresor AC rusak adalah tekanan AC yang tidak normal.

Baca Juga: Cara Mematikan Timer Berkedip AC Panasonic

Sumber: https://rotarybintaro.co.id

7. Oil Kompresor Berlebih

Volume oli yang terdapat pada kompresor harus dalam takaran yang pas. Seandainya volume oil terlalu berlebihan maka ruang untuk freon berkurang, sehingga freon kurang memadai untuk mendinginkan kabin mobil.

Baca Juga: Fungsi Dry Pada AC

Sumber: https://cintamobil.com

8. Evaporator yang Kotor atau Tersumbat

Aliran udara yang dihembuskan blower bisa terhambat dikarenakan evaporator yang kotor dan tersumbat akibat debu. Alhasil, proses sirkulasi AC menjadi kurang lancar dan menjadi tidak dingin.

Sumber: https://www.grid.id

9. Saluran Pembuangan Air Kondensasi Tersumbat

Seandainya, ketika AC dinyalakan terdapat kebocoran pada dasbor mobil atau dasbor yang berembun, maka bisa dipastikan saluran pembuangan air kondensasi tersumbat. Sehingga menyebabkan AC mobil tidak dingin dan bahkan bisa menimbulkan bau tidak sedap karena karpet mobil basah.

Baca Juga: Apa Itu PK AC?

Sumber: https://auto2000.co.id

10. Thermistor atau Thermostart yang Bermasalah

Thermostat atau Thermistor Cooler adalah komponen yang terdapat did dalam evaporator. Manfaat dari komponen ini yaitu untuk membaca temperatur dan suhu, selanjutnya melanjutkan data yang diperoleh ke amplifier.

Pada amplifier inilah waktu cut off dari kompresor akan ditentukan dan diatur. Proses AC akan terganggu ketika thermistor rusak dan mengakibatkan AC mobil tidak dingin.

Itulah berbagai penyebab AC mobil tidak dingin yang perlu Anda ketahui. Supaya AC mobil selalu dingin, maka semua komponen-komponen di atas perlu dijaga dan dirawat. Lakukan pengecekan secara berkala agar tidak terdapat kerusakan.

Baca Juga: Cara Matikan Timer AC